© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Sop Iga, Sop Khas Betawi Yang Jadi Favorit Sepanjang Masa


Sop Iga bisa dibilang menjadi comfort food bagi masyarakat Indonesia. Sajian ini menjadi salah satu sajian favorit selain bakso. Sop khas Betawi ini konon juga dipengaruhi juga oleh budaya Belanda, dimana saat orang Betawi hanya mampu membeli tangkar, buntut dan kaki sapi yang hanya berdaging sedikit. Kelak munculah sajian seperti Soto Tangkar, Sop Buntut dan Sop Kaki Sapi khas Betawi.


Di musim penghujan seperti sekarang ini, semangkuk Sop Iga panas jadi pilihan menu yang tepat. Kuah Sop Iga bening memiliki citarasa yang kaya dengan rempah seperti kapulaga, kayu manis, lada,dan cengkeg. Potongan daging iga yang empuk dan lembut menjadi kenikmatan tersendiri menikmati sop satu ini, ditambah potongan wortel dan kentang, tomat segar, rajangan daun bawang tak ketinggalan taburan emping dan bawang goreng. Sambal, acar dan nasi putih hangat jadi pelengkap sempurna sajian ini.


Ada banyak tempat untuk menikmati Sop Iga karena menu satu ini banyak dimasukkan dalam daftar menu di restoran khususnya restoran yang menyajikan sajian Indonesia. Salah satunya Sate Khas Senayan, restoran yang berada di bawah naungan Sarirasa Group ini sudah 45 tahun berdiri. Beragam sajian Nusantara dihadirkan dalam tampilan menu-menu yang istimewa. Di sini menu Sop Iga disajikan di dalam pot beserta pemanasnya, sehingga akan tetap panas saat dinikmati, ditambah dengan perkedel goreng dan telur goreng.