top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Soto Ayam Kampung Gurih Khas Kediri ala Ny. Sien

Soto merupakan salah satu sajian khas lokal yang disajikan dengan isian yang terbilang komplit dan memiliki kuah melimpah. Isiannya mulai dari aneka sayuran, protein yang berupa daging ayam, sapi, ataupun telur ayam, dan dimasak dengan aneka bumbu rempah. Bisa dikatakan juga jika hampir semua daerah di Indonesia ini memiliki menu sotonya sendiri-sendiri.

Di wilayah Jawa Timur saja ada banyak jenis soto yang bisa dijumpai. Mulai dari soto khas Lamongan, Ambengan, Surabaya, Madura, Kediri, dan lainnya. Setiap soto itu disajikan dengan kekhasannya sendiri dan citarasa yang sama-sama sedap. Penasaran dengan soto khas Kediri, maka bisa menjajal olahan soto di tempat makan bernama Soto Ayam Pakelan Ny. Sien.


Sekilas, soto khas Kediri ini punya tampilan yang mirip dengan soto khas Jawa lainnya. Berkuah melimpah bening kekuningan karena penggunaan rempah dan menggunakan isian berupa daging ayam kampung. Umumnya, soto Kediri menambahkan santan pada kuahnya. Di Kediri sendiri, Soto Ayam Pakelan Ny. Sien ini cukup populer dan ramai dikunjungi di jam-jam lapar. Tak puas dengan kedai di daerah asalnya, Ny. Sien pun melebarkan sayap dengan membuka outlet di kawasan Surabaya.

Di outlet cabang, soto khas Kediri ini begitu menarik rasa penasaran masyarakat setempat dan wisatawan yang datang ke Surabaya. Outlet soto khas Kediri ala Ny. Sien ini memang menawarkan olahan soto hangat dengan citarasa gurih memikat. Seporsi sotonya terdiri dari suwiran daging ayam kampung, mie soon, keripik kentang, taoge pendek, potongan sledri, telur ayam rebus, dan bawang goreng. Kuahnya berwarna kekuningan dari penggunaan bumbu rempahnya dan terlihat begitu bening, tidak terasa menggunakan santan layaknya soto khas Kediri.


Soto ayam ini bisa dipesan dengan menggunakan nasi yang disajikan campur dalam mangkok atau nasi di wadah terpisah. Pengunjung juga bisa menikmati soto yang dipadukan dengan kentang ataupun lontong sebagai pengganti dari nasi putih. Untuk menikmati soto, ada berbagai penambah citarasa seperti sambal, jeruk nipis, hingga kecap manis yang tersedia di setiap meja. Ingin tambahan lauk lainnya, tersedia juga Perkedel Kentang, Uritan, Telur Muda, Tahu/Tempe Goreng, Ati Ampela, Usus, dan lainnya.

Soto Ayam Pakelan Ny. Sien

Jl. Walikota Mustajab No. 19, Surabaya

031 – 5340865

bottom of page