© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Sun Pitch Competition 2019: Inovasi Untuk Atasi Anemia dan Malnutrisi

SUN Pitch Competition 2019 kembali digelar dengan mengusung tema ‘Inovasi Desain Makanan dengan Fokus Mengatasi Anemia dan Malnutrisi’. Ajang tahunan ini melibatkan beberapa perusahaan besar yang tergabung dalam SBN Indonesia atau SUN Business Network Indonesia. Ada pun perusahaan itu adalah PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT. Kalbe Farma Tbk, PT. Nutrifood Indonesia, PT. Otsuka Indonesia, PT. Tirta Investama, PT. BASF Indonesia, PT. Cargill Indonesia, dan PT. East West Seed Indonesia.

Kompetisi ini pun berhasil mengumpulkan 10 finalis yang mengusung produk berbeda. Setiap produk hendaknya memiliki manfaat positif untuk memerangi anemia dan malnutrisi yang kini sedang booming di Indonesia. Finalis ini berasal dari roadshow 4 kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Pada 17 Desember 2019, 10 finalis pun dikumpulkan dan menjelaskan keunggulan produknya di hadapan beberapa orang juri.


Diungkapkan oleh Axton Salim selaku Co-Chair SBN Global Advisory Group dan Koordinator SBN Indonesia yang sekaligus Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk jika SUN Pitch Competition 2019 ini bertujuan untuk menghasilkan solusi baru dalam mengembangkan produk makanan yang terjangkau dan bergizi tinggi. Sehingga dapat membantu mengatasi permasalahan anemia dan malnutrisi yang kini jadi dua tantangan terbesar di Indonesia.


“SBN Indonesia mengajak UMKM lokal menjadi bagian dari solusi masalah anemia dan malnutrisi melalui inovasi produknya. Kami merasa senang melihat antusiasme dan kreativitas dari pelaku bisnis, industri, UMKM dan wirausahawan dalam kompetisi ini. Hal ini menunjukan adanya semangat berkolaborasi untuk mempercepat pengentasan permasalahan anemia dan gizi yang ada di Indonesia,” tambahnya.


10 finalis itu adalah Tomatomi, Banaraja Chips, Bamboo Ice Cream, Bale sehat, Morimom, Calty Farm (Calty Yoghurt), Indie Food, Santosa Group, Sunkrisps, dan Alam Scientia Asia (Moghum). Dari 10 finalis ini, dipilihlah 3 pemenang. Juara pertama didapatkan oleh Bale Sehat, juara kedua Morimom, dan juara ketiga adalah Calty Farm (Calty Yoghurt). Selain mendapatkan hadiah menarik, masing-masing juga mendapatkan mentoring eksklusif dari SBN Indonesia dan para ahli lainnya. Khusus untuk pemenang pertama akan dikirim ke Global SUN Pitch Competition dalam Food Industry Asia 2020 di Singapura.