© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Tak Kie yang Begitu Melegenda

Gang Gloria yang ada di dalam kawasan Pecinan, Glodok, Jakarta menjadi salah satu destinasi yang sarat akan ragam pilihan kuliner sekaligus budaya. Meskipun lokasinya hanyalah sebuah gang sempit, namun semua itu menyimpan kekhasan dan cerita yang tak lekang oleh waktu. Untuk urusan kuliner saja, cukup banyak hidangan yang ditawarkan di Gang Gloria itu. Salah satunya adalah tempat makan bernama Tak Kie yang untuk pertama kali membuka gerai sejak tahun 1927.

Cukup banyak hidangan yang ditawarkan oleh Tak Kie. Salah satu yang begitu melegenda dan wajib untuk dijajal ialah kopinya. Minuman kopi ini tersedia dengan pilihan Kopi Hitam atau Kopi Susu, dengan penyajian panas ataupun dingin. Kopi yang disajikan di sini berasal dari perpaduan 5 biji kopi berbeda yang berasal dari Lampung. Citarasa kopinya begitu memikat, sehingga wajar jika kopi di tempat ini begitu disukai oleh pelanggan Tak Kie, mulai dari rentang usia muda hingga yang sudah berusia lanjut.


Tak Kie tak hanya menyediakan minuman kopi yang melegenda saja. Pengunjung yang datang juga akan dimanja dengan ragam makanan yang mayoritas ialah hidangan non halal. Beberapa di antaranya adalah Nasi Campur, Nasi Tim, Nasi Hainam, ataupun Bakmi Ayam. Masing-masing dimasak menggunakan tambahan pork alias babi, baik itu minyaknya ataupun dagingnya.

Nasi Campurnya memadukan nasi putih dengan lauk berupa potongan daging babi, potongan telur rebus, ditambah dengan potongan mentimun. Buat penikmat nasi, ada juga pilihan lainnya berupa Nasi Tim. Menyerupai si Nasi Campur, Nasi Tim menjadikan nasi putih dan potongan daging babi sebagai komposisi utamanya. Bedanya, daging babi pada Nasi Tim ini dipotong dengan ukuran lebih kecil berbentuk dadu dengan penggunaan bumbu bercitarasa manis dengan warna kecoklatan.


Buat yang lebih menyukai mi, bisa menjadikan Bakmi Ayam sebagai pilihan. Bakmi Ayamnya menggunakan daging ayam dan tidak menggunakan daging babi, namun hidangan satu ini menambahkan minyak babi sebagai salah satu bumbunya. Namun, bagi pengunjung yang tidak ingin menggunakan minyak babi, maka bisa request pada pelayan saat memesan. Sehingga bisa menikmati Bakmi Ayam versi halalnya. Selain berisi mi dan potongan daging ayam, Bakmi Ayam di tempat ini juga terdapat tambahan sawi hijau. Tidak ketinggalan juga ada kuah yang disajikan pada mangkok terpisah.


Untuk tempatnya sendiri, Tak Kie masih mempertahankan nuansa aslinya. Alias tidak diberbaharui layaknya kedai kopi atau tempat makan yang sudah mengikuti trend yang ada. Jangan harap kita akan menemukan sofa yang nyaman, fasilitas wifi, ataupun dinding yang berhias dengan pernak pernik kekinian di sana. Namun, itulah yang menjadi daya tarik dan kekhasan dari Tak Kie ini sehingga mampu bertahan dan tetap melegenda.


Tak Kie

Jl. Pintu Besar Selatan III, Gang Gloria No. 4-6, Glodok, Pinangsia, Jakarta Barat

021 – 6928296