top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Tempong PNS Buka Pertama Kali di Tangerang Selatan

Kancah perkulineran Tanah Air diramaikan dengan hadirnya tempat makan bernama Tempong PNS. Grand opening pada 6 Juni 2024, Tempong PNS menghadirkan kuliner khas Banyuwangi yang menjadikan Nasi Tempong sebagai menu unggulannya. Menempati lokasi di kawasan Tangerang Selatan, Tempong PNS ini menyuguhkan kreasi menu rumahan yang nikmat dan pastinya begitu cocok  di lidah. 



Tempong PNS lahir dari kecintaan pasangan suami istri Bara Ilham Bakti Perkasa (Tanboy Kun) dan Anasiha Putri Sakinah pada kreasi menu Nusantara bercitarasa pedas. Pertama kali mencicipi menu Nasi Tempong di Bali, Bara dan Anas pun ingin menghadirkan kreasi menu nasi tempong yang enak di wilayah Tangerang yang lokasinya tak jauh dari Jakarta. sehingga warga Tangerang, Jakarta, dan sekitarnya tak perlu jauh-jauh ke Bali ataupun ke Banyuwangi untuk bisa menikmati sajian Nasi Tempong yang lezat dan otentik.


Untuk penamaannya sendiri, berawal dari cita-cita dan harapan dari orang tua Bara yang berharap anaknya bisa berprofesi sebagai PNS (pengawai negri sipil). Dari harapan orang tuanya itu, maka Bara pun menamai bisnis kulinernya ini dengan nama Tempong PNS. Namun untuk penamaan PNS sendiri memiliki artian ‘Pedas Ngenes Spesial’. Sesuai dengan penamaan tempat makannya, maka ragam menu dan hidangan yang ditawarkan di tempat ini dinamakan sesuai dengan tingkatan dalam profesi PNS. Pengunjung bisa menemukan beragam menu, seperti Aselon 1, Aselon 2, Aselon 3, dan lainnya. Konsep PNS itu pun juga bisa dijumpai pada seragam pramusaji yang menyerupai pakaian PNS.


Sebagai menu unggulannya, Tempong PNS memiliki olahan Nasi Uduk yang begitu spesial. Berbeda dengan nasi uduk di tempat lainnya, nasi uduk di sini memiliki citarasa gurih dan medok karena penggunaan bumbu rempahnya yang melimpah. Selain itu, Sayur Asemnya juga sedap. Sayur asamnya dihadirkan dengan citarasa khas Banyuwangi yang memiliki sensasi rasa manis yang berpadu dengan sensasi asam segar. Tak ketinggalan, aneka lauk juga turut menyertai, sebut saja Ayam Goreng, Lele Goreng, Paru, Tahu, Tempe, dan lainnya.


Nasi Tempong terasa begitu spesial Karena citarasa sambalnya yang pedas, nampol, dan segar. Sambal yang disajikan Tempong PNS pun juga sudah pasti terasa spesial. Tempong PNS sendiri memiliki 4 macam sambal berbeda yang bisa pengunjung pesan. Keempat sambal itu antara lain Sambal Tomat, Sambal Bawang, Sambal Ngenes (Sambal Tempong original), dan Sambal Ngenes Spesial atau sambal tempong yang bercitarasa sangat pedas. Sambal Tempong di sini makin spesial karena menggunakan tomat ranti yang dikirim langsung dari Banyuwangi (kota asal nasi tempong). Penggunaan tomat ranti itu pun menghadirkan sensasi rasa segar yang berpadu sempurna dengan pedas dari cabai rawit yang digunakan, terasi, hingga jeruk limau.  



“Kami pilih lokasi di Serpong, Tangerang Selatan karena di daerah sini belum ada resto yang secara khusus menjual nasi tempong. Kami membawa langsung resep nasi tempongnya langsung dari Banyuwangi, jadi memang spesial banget. Tomat ranti sebagai bahan utama sekaligus khasnya dari sambal tempong kami bawa langsung dari Banyuwangi. Tomat ranti ini memang dibudidayakan di Banyuwangi, sebagai kota asal dari si nasi tempong,” terang Anas yang dijumpai di Tempong PNS pada saat grand opening. 


Tempong PNS dihadirkan sebagai tempat makan yang santai dan ditampilkan dengan konsep high ceililng yang modern. Tempat makan ini memiliki kapasitas yang cukup besar dan mampu menampung pengunjung hingga 280 orang. Tempong PNS beroperasi setiap hari, mulai dari jam 10.00 – 22.00 WIB. Khusus untuk periode tanggal 6 Juni – 7 Juli 2024, terdapat doorprize spesial berupa satu unit motor dengan melakukan pembelian menu apapun minimal Rp 50.000,- (berlaku kelipatannya) yang akan mendapatkan satu kupon undian. Pengundiannya akan dilakukan secara live di media sosial Tanboy Kun dan media sosial Tampong PNS.


Serunya lagi, Tempong PNS juga memiliki beragam promo menarik. Mulai dari diskon sebesar 15% bagi pegawai negri sipil (PNS) dan diskon 10% bagi pelajar yang berlaku setiap hari. Caranya mudah, yaitu hanya cukup menunjukkan kartu PNS atau kartu pelajar yang dimiliki. Selain itu, juga ada promo free refill nasi putih sepuasnya khusus di hari Senin, untuk hari Rabu ada promo free side dish tiap pembelian paket Eselon 1 – 4, hari Jumat promo free es podeng atau es doger tiap pembelian paket apapun, dan setiap hari Sabtu dan Minggu ada promo ‘buy 3 get 1 free’ untuk paket Eselon 1 – 4. 

Hozzászólások


bottom of page