top of page
  • alettasumampouw

Wastra Wonderland, Memadukan Warisan Budaya Dan Kuliner Indonesia di Merusaka Nusa Dua, Bali

Merusaka Nusa Dua Bali sebelumnya dikenal sebagai INAYA Putri Bali, hotel ini mengalami transformasi pada bulan April 2021 dengan konsep yang berbeda, yaitu memperkenalkan suatu konsep baru yang menggabungkan kerajinan modern dengan kebudayaan tradisional, menciptakan pendekatan yang menyegarkan untuk surga tepi pantai Nusa Dua Bali. Resort ini terletak di atas lahan seluas 9,2 hektar di kawasan eksklusif Nusa Dua, MERUSAKA Nusa Dua – Bali.



Dalam Rangka memperingati Hari Batik pada tanggal 2 Oktober, Merusaka Nusa Dua Bali menyelenggarakan acara Wastra Wonderland, yang akan diselenggarakan pada tanggal 28 dan 29 Oktober 2023. Acara Wastra Wonderland ini akan menjadi acara akhir pekan yang menyenangkan baik bagi turis domestic maupun internasional. Acara ini bertujuan melestarikan warisan budaya Indonesia melalui pameran keanekaragaman kain tradisional nusantara dan lomba peragaan busana sambil menikmati pesta hidangan lezat dan aktivitas seru lainnya di taman yang hijau menghadap pantai Nusa Dua Bali.



Wastra sendiri adalah tekstil tradisional Indonesia yang lebih dari sekadar kain, melainkan kain tenun yang memiliki ciri khas yang sarat dengan kebudayaan masing – masing daerah yang merupakan warisan turun temurun, memiliki identitas, dan artistik tersendiri. Kain-kain traditional tersebut, diantaranya batik, Endek dari Bali dan kain tenun dari daerah-daerah lain di Indonesia, termasuk kreasi seni dalam membuat kain Endek atau Gringsing, kain tradisional yang merupakan warisan budaya Bali. Selain itu di panggung aka nada kompetisi peragaan busana yang menampilkan keindahan busana Wastra, dengan menampilkan karya seni yang indah dari kain-kain tenun yang diubah menjadi busana kontemporer yang cantik.



"Melalui acara yang luar biasa ini, kita diajak untuk menghargai dan meningkatkan kesadaran untuk melestarikan warisan budaya Indonesia. Dalam acara ini, kami juga mendukung komunitas usaha – usaha lokal untuk memamerkan beragam produk mereka berupa kerajinan tangan Bali, dan cinderamata. Hal tersebut adalah wujud komitmen hotel untuk kepedulian sosial, juga memberikan kontribusi pada peningkatan ekonomi komunitas lokal," demikian ungkap Ian Cameron, General Manager Merusaka Nusa Dua.


Let’s enjoy the heritage of Indonesia at Merusaka Nusa Dua, Bali!

Comments


bottom of page