• Maria Yuliana Kusrini

Yuk Kulineran Khas Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, & Madura di Dapur Solo

Dapur Solo merupakan salah satu restoran yang menghadirkan sajian tradisional khas Jawa sebagai menu unggulannya. Berbagai pilihan menu dengan citarasa otentik tersedia di restoran yang sudah eksis sejak tahun 1988 ini.


Masih di suasana Lebaran, Dapur Solo ingin mengajak masyarakat yang kebanyakan tidak boleh mudik untuk tetap bisa merasakan kebahagiaan dengan menikmati ragam menu khas Jawa, khususnya untuk wilayah Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Madura. Dapur Solo pun menghadirkan program yang diberinya nama 'Jelajah Wisata Kuliner Joglosemar dan Suramadu'.

Selat Solo

"Program ini kami hadirkan untuk lebih mendekatkan masyarakat Indonesia dengan ragam sajian khas daerah Surabaya, Madura, Jogja, Solo, dan Semarang yang terkenal dengan kulinernya yang unik dan ngangenin. Walau berada jauh dari daerah tersebut, masyarakat tetap bisa merasakan kenikmatan kulinernya dan menghadirkan suasana khas Jawa. Kami juga bekerja sama dengan ShopeePay untuk menghadirkan voucher cashback hingga 100% dalam ShopeePay Mantul Sale dari tanggal 25 - 27 Mei 2021 dan 6.6 ShopeePay Mid Year Deals pada 28 Mei - 9 Juni 2021,” terang Donny H. Kusuma selaku Marketing Brand Manager Dapur Solo.


Dapur Solo sendiri memang dikenal akan hidangannya yang lezat dan otentik. Aneka hidangannya dibuat dengan bahan pilihan serta penggunaan bumbu dan rempah yang menjadikan citarasa hidangan semakin istimewa. Di promo kali ini, ada beberapa hidangan spesial khas Joglosemar dan Suramadu yang punya keunikan rasa berbeda dan wajib untuk dicoba. Mulai dari Tahu Petis Semarang, Selat Solo, Wedang Ronde Jogja, Sate Sapi Madura, hingga Bakwan Surabaya.


Tahu Petis memang jadi salah satu camilan khas Semarang yang unik dan berbeda. Sajian ini menjadikan tahu goreng sebagai bahan utamanya yang disajikan dengan cocolan berupa sambal petis. Citarasa gurih dan manis dari sambal petis yang berwarna coklat-kehitaman berpadu sempurna dengan lembutnya tahu. Bergeser ke Solo, sajian nikmat bernama Selat Solo tentu jadi salah satu hidangan wajib yang mesti dijajal. Apalagi menu ini pun menjadi salah satu sajian unggulan dari Dapur Solo. Selat Solo merupakan perpaduan kuliner khas Belanda dan Jawa yang menjadikan daging sapi sebagai bahan utamanya.


Ingin menikmati minuman hangat khas Yogyakarta, bisa menjadikan Wedang Ronde Jogja sebagai pilihan. Umumnya, wedang ronde berisikan mochi ala Jawa yang kenyal karena terbuat dari tepung ketan berisi kacang halus, kacang tanah sangrai, gula kelapa, dan air jahe. Beralih ke sajian sate yang jadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Madura sendiri sangat dikenal akan menu satenya yang juara dan lezat. Umumnya sate khas Madura menjadikan daging ayam sebagai bahan utamanya, namun di Dapur Solo bisa menjumpai Sate Madura yang terbuat dari daging sapi. Terakhir, ada Bakwan Surabaya atau yang juga biasa disebut sebagai Bakwan/Bakso Malang. Sajian gurih berkuah ini berisi bakso sapi, otak-otak ikan, tahu bakso, siomay udang, taburan bawang goreng dan daun bawang.