• Novi Amaliyah

10 Dessert Klasik Khas Prancis



Siapa menolak akan sepotong millefeuille, dessert manis khas Prancis yang terbuat dari lapisan kulit pastry garing dengan paduan pastry cream manis beraroma vanilla serta potongan buah stroberi segar. Atau dark chocolate mousse yang meleleh di mulut dan masih banyak lagi deretan dessert Prancis populer yang mungkin salah satunya favorit kamu. Berikut dessert Prancis klasik yang nikmat dan sayang untuk dilewatkan.


Mille-feuille

Mille-feuille, makanan penutup khas Prancis yang mempesona ini dibuat menggunakan adonan kulit pastry, kemudian tiap lapisannya diisi dengan vanilla pastry cream ada juga yang menambahkan potongan buah segar seperti stroberi sebagai paduannya. Dessert ini nikmat sebagai teman untuk menikmati secangkir kopi maupun teh hangat.



Beignet

Beignet terbuat dari pastry choux yang kemudian goreng, bagian dalamnya bertekstur empuk sementara bagian luarnya memiliki tekstur yang garing, biasanya dipadukan dengan buah pisang yang dihaluskan dan taburan gula bubuk.










Eclairs

Dessert satu ini terbuat dari adonan choux yang dicetak memanjang kemudian diisi dengan pastry cream yang lembut, dan lapisan cokelat di atasnya. Eclairs nikmat disajikan dingin.






Palmiers

Terbuat dari kulit pastry yang garing dan renyah berlapis taburan gula dan kayu manis, palmiers adalah pelengkap yang nikmat untuk secangkir espresso atau secangkir teh.








Mont Blanc

Mont Blanc dalam bahan Prancis berarti gunung putih, dessert ini merupakan makanan penutup yang mewah. Versi tradisional dibuat dengan pure kacang chesnut sebagai toppingnya tapi ada juga yang menggunakan pure kacang hazelnut.





Macaron

Macaron adalah salah satu dessert Prancis yang penuh warna dan juga nikmat. Terbuat dari kacang almond bubuk, putih telur serta gula, fillingnya bisa sangat beragam mulai dari aneka puree buah maupun cokelat.




Chocolate Mousse

Chocolate mousse ini memiliki rasa nikmat dan meleleh di mulut, terbuat dari dark chocolate, cream serta butter serta kuning telur.















Crème Brûlée

Crème Brûlée adalah salah satu dessert khas Prancis yang nikmat. Siapa menolak puding cream lembut yang creamy berpadu sempurna dengan lapisan gula karamel.






Souffle

Dalam bahasa Prancis, souffle berarti nafas ini karena tampilan mereka yang saat baru keluar dari oven. Cake lembut dan ringan ini bisa dibuat dengan berbagai varian rasa mulai dari cokelat hingga vanilla.















Crêpes

Crêpes adalah pancake tipis dan lembut yang biasanya diisi dengan isian manis atau gurih. Untuk hasil terbaik, diamkan adonan selama setengah jam di lemari es sebelum memanggangnya.


© 2019 yukmakan channel