• Novi Amaliyah

10 Manfaat Kesehatan Labu Parang


Sup Labu
Selain nikmat dijadikan olahan, labu juga punya banyak manfaat kesehatan

Bulan Oktober identik dengan perayaan Hallowen dimana labu kuning atau labu parang yang dibentuk menjadi lampu menjadi salah satu ikon perayaannya. Aneka olahan labu juga menjadi menu khas pada perayaan ini.

Selain nikmat dijadikan olahan manis maupun gurih, labu parang juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut 10 manfaat labu parang bagi kesehatan seperti dilansir dari Healthline.


Rendah Kalori dan Kaya Nutrisi

Labu parang merupakan merupakan makanan yang rendah kalori namun kaya nutris bermanfaat. Labu jenis ini juga kaya serat serta tinggi potassium dan penuh dengan magnesium, mangan, dan zat besi. Labu juga merupakan sumber Vitamin A, Vitamin C, dan Riboflavin.


Anti Inflasi

Biji labu atau pepitas, adalah salah satu pilihan makanan ringan yang sehat dan dapat bekerja serta obat anti-inflamasi non-steroid dalam mengurangi gejala peradangan. Nilai tambahnya, bahkan biji labu lebih baik daripada obat-obatan karena rasanya enak juga tidak memiliki efek samping negatif.


Anti Kanker

Labu kaya akan beta-karoten, antioksidan yang telah dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa populasi dengan tingkat beta-karoten yang tinggi dalam makanan mereka memiliki tingkat kanker yang lebih rendah di seluruh populasi. Kaya Protein

Satu porsi labu menyediakan 4% dari nilai protein harian yang direkomendasikan. Kamu yang sedang mengurangi konsumsi daging bisa menambahkan labu dalam menu makananmu.


Baik Untuk Kesehatan Mata

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata yang baik, membantu retina menyerap dan memproses cahaya, dan labu mengandung sekitar 245% dari kebutuhan harian hanya dalam satu porsi. Selain itu, lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang ditemukan dalam labu, mendukung pencegahan katarak dan dapat memperlambat perkembangan degenerasi makula.


Mendukung Immunitas Tubuh

Sejumlah besar Vitamin A dan Vitamin C yang ditemukan dalam labu membantu melindungi tubuh dan pulih lebih cepat dari infeksi, virus, dan penyakit. Minyak labu juga dapat membantu melawan infeksi bakteri dan jamur. Baik Untuk Kulit

Sifat-sifat labu dapat melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya, ditambah ampasnya adalah bahan populer dalam masker wajah alami yang membuat kulit terlihat lebih segar dan lebih muda.


Membantu Mengobati Kebotakan Sementara

Perawatan kimia ada untuk mengobati kebotakan, mereka datang dengan sejumlah efek samping. Alternatif minyak biji labu alami mendorong pertumbuhan rambut dengan menghalangi proses tubuh menciptakan hormon tertentu yang mengecilkan folikel rambut.


Membantu Menyembuhkan Luka Dan Luka Bakar

Minyak labu telah ditemukan memiliki sifat penyembuhan, dengan tes pada luka bakar tingkat dua pada tikus menunjukkan dampak positif pada penutupan luka dengan meningkatkan produksi kolagen sebesar 65%.


Baik Untuk Kesehatan Jantung

Jumlah potasium yang tinggi yang ditemukan dalam labu sangat bagus untuk jantung, mengatur tekanan darah dan mendukung kesehatan kardiovaskular. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi jumlah kalium yang tepat sama pentingnya untuk hipertensi dan tekanan darah tinggi seperti meminimalkan asupan natrium.