• Novi Amaliyah

10 Manfaat Selada Air Bagi Kesehatan


selada air
Salada air, sayur murah meriah kaya nutrisi

Selada air, sayur yang termasuk dalam keluarga sayuran yang dipercaya memiliki kandungan untuk dapat melawan kanker. Sayur yang tergolong dalam keluarga kale ini adalah salah satu jenis sayuran pembangkit tenaga. Selada air memiliki sejarah panjang sebagai ramuan bergizi yang lezat dan sebagai obat alami untuk banyak penyakit. Di Barat selada air sangat populer disajikan dalam salad, ditambahkan ke sandwich dan dinikmati sebagai sayur kukus ringan.

Menurut he Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika, menganggap sebagai salah satu makanan yang sehat. Penelitian menunjukkan bahwa sayuran cruciferous bergizi ini dapat dikaitkan dengan penurunan risiko kanker, selain itu juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, melawan peradangan, mendukung kesehatan tulang dan banyak lagi.


Selada air juga merupakan salah satu sayur yang tumbuh secara alami di sepanjang saluran air yang mengalir, tumbuh subur di bawah sinar matahari dan air. Sayur ini juga tumbuh sangat baik dalam berbagai kondisi tanah, selama tanah tetap jenuh dengan air. Ingatlah bahwa penting untuk mencuci sampai bersih sebelum dimasak atau dikonsumsi, karena mungkin mengandung parasit dan patogen berbahaya karena pertumbuhan di perairan tergenang di dekatnya.


Seperti dilansir dari Healthline, selada air memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya sayuran hijau yang tinggi antioksidan, dapat mengurangi peradangan dan kerusakan sel, lebih rendah kalori dan beberapa nutrisi daripada kale. Selada juga sumber vitamin K yang bagus, yang baik untuk pembekuan darah, tinggi vitamin A, yang meningkatkan fungsi kekebalan dan penglihatan. Selain itu juga kaya akan vitamin C, nutrisi yang larut dalam air yang menyembuhkan luka dan membentuk kolagen, sarat dengan kalsium, yang penting untuk fungsi otot dan saraf bersama dengan kesehatan tulang. Dari kandungan-kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya, berikut 10 manfaat kesehatan yang bisa didapat dari selada air.


Kaya Antioksidan

Selada air sangat tinggi antioksidan, dimana yang dapat membantu mencegah penyakit kronis, seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung. Satu studi tentang senyawa antioksidan dalam 12 sayuran yang berbeda menemukan lebih dari 40 flavonoid unik, sejenis bahan kimia tanaman, dalam selada air.

Dapat Membantu Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar

Selada air kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, namun sangat rendah kalori, lemak, karbohidrat, dan natrium. Sayur ini juga mengandung senyawa bermanfaat seperti isothiocyanates, yang merupakan bahan kimia alami yang ditemukan di banyak sayuran.Penelitian yang menjanjikan menunjukkan bahwa senyawa ini dapat memiliki sifat melawan kanker yang kuat dan bahkan dapat membantu memblokir pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Studi lebih lanjut telah mencatat bahwa senyawa ini, ketika dipecah, dapat membantu melindungi sel dari kerusakan DNA dengan menonaktifkan karsinogen.


Mengandung Omega3

Seperti kita ketahui Omega3 memiliki banyak manfaat dan seperti yang kita ketahui Omega3 banyak ditemukan pada salmon, tuna dan mackerel. Namun, tahukah kamu ternyata lemak omega3 yang dikenal juga sebagai lemak sehat untuk jantung ini bisa didapatkan dari sayuran berdain hijau seperti selada air. Selada air mengandung berbagai fitonutrien, vitamin dan mineral, selada air juga mengandung proporsi asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) omega-3 yang relatif tinggi, terutama dalam bentuk asam alfa-linolenat (ALA). Sebuah penelitian dilakukan oleh Departemen Ilmu Pangan di Universitas RMIT Melbourne Australia untuk membantu menentukan kandungan asam lemak dari 11 sayuran hijau. Hasil yang didapat cukup menarik, total konsentrasi asam lemak dari sayuran dalam penelitian ini berkisar dari 44 miligram per 100 gram berat basah pada kubis Cina hingga 372 miligram per 100 gram pada selada air.


Memberikan Efek Anti-inflamasi

Selada adalah salah satu sayuran yang mengandung anti-inflamasi dimana mengandung efek antivirus dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan. Faktanya, penelitian yang dipublikasikan di Pharmaceutical Biology menunjukkan jika pemberian ekstrak selada air pada subjek efektif untuk mengurangi pembengkakan dan kerusakan jaringan. Selada air juga sarat dengan antioksidan, yang dapat membantu menetralkan radikal bebas berbahaya untuk melawan peradangan pada tingkat sel. Antioksidan ini memainkan peran kunci dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan kontrol gula darah yang lebih baik dan banyak lagi.


Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium semuanya memainkan peran sentral dalam mengatur tingkat tekanan darah. Selada air adalah sumber kalsium dan magnesium yang baik dan berpotensi membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh King's College London British Heart Foundation Centre, selada air dan makanan serupa telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah dan dapat membantu mengurangi tekanan darah, memblokir agregasi trombosit dan bahkan memperbaiki disfungsi endotel untuk melindungi dari penyakit jantung.


Menurunkan Kadar Kolesterol

Selada air memiliki banyak potensi manfaat untuk kesehatan jantung, termasuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Diet tinggi sayuran cruciferous telah diteliti memiliki kairan yang erat dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.


Mendukung Kesehatan Kulit, Rambut dan Kuku

Fitonutrien yang ditemukan dalam makanan seperti selada air dapat membawa manfaat besar bagi kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Ini karena makanan super seperti selada air sarat dengan nutrisi seperti kalsium, magnesium, dan kalium, yang semuanya penting untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Berkat kandungan airnya yang tinggi, selada air juga dapat meningkatkan hidrasi yang tepat.


Memperkuat Tulang dan Gigi

Meskipun susu adalah salah satu sumber kalsium yang paling terkenal, sayuran berdaun hijau juga memberikan dosis kalsium yang tinggi dalam setiap porsinya. Selain dapat memasok kalsium dalam jumlah yang baik, selada air juga merupakan sumber magnesium dan vitamin K yang baik, yang keduanya dapat membantu menjaga tulang yang kuat dan sehat. Kalsium dapat membantu dalam pencegahan osteoporosis, yang merupakan penyakit yang disebabkan oleh hilangnya kepadatan tulang secara bertahap. Sementara itu, vitamin K dapat membantu menjaga simpanan kalsium dalam tulang untuk menjaga kekuatan tulang dan magnesium berdampak pada pembentukan sel-sel tulang.


Meningkatan Fungsi Imunitas Tubuh

Vitamin C terkenal karena efek menguntungkannya pada kesehatan kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin C telah dikaitkan dengan penurunan fungsi kekebalan dan peningkatan peradangan. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan infeksi. Selada air adalah sumber vitamin C yang baik, yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mengurangi risiko infeksi.


Dapat Membantu Program Penurunan Berat Badan

Selada air adalah sayuran bergizi tinggi yang dapat membantu untuk tetap kenyang dengan sangat sedikit kalori, yang dapat membantu program penurunan berat badan.