• Novi Amaliyah

10 Roti Khas Jerman Yang Bisa Dibuat di Rumah


Jerman adalah salah satu negara di Eropa yang dikenal sebagai pecinta roti, tak hanya dikenal dengan bir dan sosisnya yang nikmat beragam jenis roti khas Jerman juga tak kalah istimewa. Lebih dari ratusan jenis roti khas Jerman yang cukup populer. Sebagian besar adonan difermentasi selama semalaman untuk meningkatkan citarasa roti yang nikmat dan lezat. Prosesnya mungkin akan sedikit memakan waktu dan sedikit kerja tangan tapi hasilnya akan sebanding dengan sepotong roti homemade khas Jerman yang nikmat.


Bahan bakunya cukup sederhana seperti tepung terigu protein tinggi yang biasa digunakan untuk membuat roti, tepung rye, ragi, garam, air, dan aneka biji-bijian untuk menambah serat dan tekstur. Teknik pencampuran adonan dengan proporsi yang tepat dan bagaimana roti-roti ini dibuat memberikan citarasa dan karakter yang unik dari setiap roti. Berikut 10 macam roti khas Jerman yang populer dan bisa dibuat sendiri di rumah.


German Bauernbrot ( Farmer’s Bread)

Citarasa roti ini diperkuat dengan adonan sourdough yang ditambahkan untuk membantunya mengembang lebih baik serta memberikan aroma yang khas. Dibutuhkan waktu paling tidak setengah hari untuk membuat roti ini. Untuk mendapatkan lapisan kerak yang garing di permukaan dan empuk di dalam gunakan oven dengan steam.


German Vollkolnbrot (Whole Rye Bread)

Roti ini dibuat dengan tepung gandum utuh 100 persen dan beri gandum hitam yang melewati proses fermentasi serta paduan biji bunga matahari dan wijen sebagai taburannya. Vollkornbrot adalah salah satu roti yang disukai di Eropa utara, terutama Jerman dan Skandinavia. Roti yang kaya serat ini banyak dipilih bagi mereka yang suka dengan roti dengan tepung gandum utuh.


German Seeded Bread

Jika kamu mencari roti gandum utuh yang padat, roti yang satu ini bisa jadi pilihan roti ini dibuat dengan tambahan biji-bijian sehingga lebih sehat dan kaya serat. Biji labu, bunga matari, biji wijen membuat roti dengan tekstur padat namun lembab.





German Fladenbrot (Turkish Flat Bread)

Meskipun bukan roti Jerman, roti ini bisa ditemukan di toko-toko dan kios Turki di seluruh Jerman. Fladenbrot adalah roti putih pipih, dilapisi dengan biji nigella, dan memiliki rasa yang khas dan tidak ditemukan di tempat lain. Ini bisa bulat atau memanjang dan mudah dibuat. Roti ini mirip dengan ciabatta Italia.


German Brezeln (Soft Pretzel)

Brezeln atau soft pretzel ini dibuat di rumah, satu-satunya langkah rumit saat membuatnya adalah larutan alkali untuk mendapatkan lapisan mengilap pada permukaan pretzel. Gunakan larutan alkali food grade.





German Sweet Bread and Roll

Roti manis Jerman ini biasanya berisi aneka selai, buah-buahan yang diberi paduan vanilla dan kulit jeruk lemon. Roti manis dibuat dengan tepung gandum biasa maupun gandum utuh kemudian dibentuk kepang hingga bentuk pretzel raksasa.



German Brotchen

Roti ini biasanya dikonsumsi untuk sarapan atau makan siang. Roti ini juga dikenal sebagai wecke atau semmel, bagi orang Jerman, brotchen seperti croissant bagi Prancis dan menjadi salah satu roti Jerman yang populer selain pretzel.






Foto-foto:Dok.Getty Images

© 2019 yukmakan channel