• Novi Amaliyah

10 Sajian Mie Khas Jepang


Bagi penikmat kuliner Jepang khususnya pecinta mie, Jepang menawarkan berbagai sajian berbahan dasar mie yang sangat beragam. Mulai dari jenis mie yang digunakan, penyajian hingga kuah serta lauk dan topping pendamping. Masing-masing wilayah punya sajian mie khas tersendiri.


Secara umum ada 4 jenis mie khas Jepang yang bisa kamu coba seperti udon, ramen, soba dan somen. Beberapa ada yang bisa disajikan dingin dinikmati dengan saus celup maupun disajikan panas dengan kuah pendamping dan topping. Ada juga yang ditumis dengan aneka sayuran dan daging seperti mie goreng. Berikut 10 sajian mie khas Jepang yang bisa kamu coba.



Shoyu Ramen

Ramen Shoyu adalah mi ramen dengan kuah yang menggunakan paduan shoyu atau kecap asin khas Jepang. Mie keriting khas yang digunakan untuk ramen adalah chukamen, dibuat menggunakan tepung terigu dan larutan alkali (kansui). Dalam shohyu ramen, sausnya bercitarasa sedikit tajam, asin, dan gurih. Topping seperti negi cincang (daun bawang panjang), telur rebus, suwiran daging ayam yang sudah dimasak sebelumnya atau nori sebegai pelengkap.



Miso Ramen

Mie ramen dengan kuah paduan miso yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai, membuat kuah ramen ini memiliki citarasa khas. Beberapa topping seperti rajangan daun bawang, telur rebus, irisan secamacam fish cake (kamaboko), biji wijen putih panggang, asinan rebung (menma), jamur, dan horenso rebus.



Hiyashi Chuka

Hiyashi chuka sekilas mirip dengan salad mie yang dimakan selama musim panas di Jepang. Topping dan dressing sausnya beragam dan biasanya berupa paduan daging, potongan telur dadar yang diiris tipis, dan sayuran renyah yang diiris tipis seperti kyuri. Untuk sausnya biasanya terbuat dari paduan shoyu.


Cold Somen

Somen dingin merupakan mie gandum yang berbentuk tipis dan disajikan dengan saus celup dan topping. Saus celup ini terbuat dari paduan kaldu berbahan dasar dashi Jepang yang biasa digunakan dalam sup panas khas Jepang, tetapi lebih pekat dan dibumbui dengan daun bawang dan jahe.



Nyumen

Nyumen adalah mie somen yang disajikan dalam kuah panas serta paduan irisan berbagai jenis daging sesuai selera serta sayuran sebagai topping.



Yakisoba

Yakisoba sekilas mirip mie goreng yang dipadukan dengan berbagai paduan daging, sayuran serta saus. Yasoba menggunakan mie soba yang terbuat dari buckwheat yang bebas gluten. Namun, beberapa produsen mi juga menambahkan tepung terigu. Sedangkan sausnya memiliki citarasa yang mirip dengan saus Worcestershire atau kecap Inggris.



Kitsune Udon

Kitsune udon adalah mie udon yang disajikan dalam sup panas dan diberi bumbu aburaage (sari kacang goreng). Mie udon berbentuk tebal dengan tekstur yang lembut dan kenyal.



Zaru Soba

Zaru soba adalah hidangan mie soba dingin yang disajikan dalam piring bambu (zaru). Disajikan dengan saus celup dan beberapa topping.



Tsukimi Soba

Tsukimi soba adalah soba panas (mie soba) yang disajikan dengan topping telur mentah.



Bukkake Udon

Bukkake udon, sausnya cukup dituangkan di atas udon rebus (mie gandum kental). Ini adalah hidangan dingin yang disajikan dengan berbagai topping, seperti lobak parut dan jahe parut. Bukkake menggambarkan tindakan memercikkan cairan pada sesuatu.

© 2019 yukmakan channel