• Novi Amaliyah

12 Khasiat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan


ciplukan
Ciplukan, tanaman liar asal Benua Amerika ini ternyata mengandung banyak khasiat untuk kesehatan

Buah ciplukan atau orang Jawa Barat menyebutnya dengan cecenet adalah tanaman yang liar yang sering ditemukan di sawah maupun kebun. Buah satu ini juga dikenal dengan nama physalis atau groundcherry, tanaman yang termasuk dalam genus physalis ini memiliki nama ilmiah Physalis Peruviana. Tanaman asli Amerika Selatan ini mudah ditemukan terutama di Kolombia, Peru, Chili, dan Ekuador.


Tidak banyak orang yang tahu bahwa buah satu ini memiliki khasiat bagi kesehatan. Ciplukan kaya akan nutrisi, antioksidan polifenol. Buah satu ini memiliki tekstur seperti tomat cherry yang keras. Jika sudah matang buah ciplukan berwarna oranye dengan rasa yang manis dan sedikit asam.


Di Eropa ciplukan atau Physalis dianggap sebagai buah yang eksotis dan langka. Karena hanya banyak digunakan sebagai hiasan kue mahal. Eksotisme buah ini karena buahnya sebagian besar ditutupi oleh sekam tipis, buahnya sendiri berwarna oranye atau merah ketika sudah matang. Physalis banyak digunakan sebagai hiasan kue atau dikeringkan seperti kismis. Kurang populernya buah satu ini karena tak banyak dibudidayakan secara luas di seluruh dunia. Di Cina, tanaman ini digunakan sebagai obat untuk banyak penyakit. Berikut khasiat tanaman ciplukan atau physalis seperti dilansir dari berbagai sumber.


1. Menjaga kesehatan mata

Melimpahnya Vitamin A yang terkandung di dalamnya berarti melimpahnya kandungan karotenoid. Karotenoid baik untuk menjaga kesehatan mata. Sama seperti wortel, ciplukan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi yang memiliki masalah dengan kesehatan mata. Terutama mereka yang bekerja terus menerus di depan komputer. Sinar UV yang terpancar dari layar sebenarnya kurang baik untuk kesehatan mata.


2. Alternatif camilan sehat

Ciplukan mengandung 53 gr kalori yang berarti buah ini baik untuk dijadikan sebagai salah satu alternatif camilan sehat.


3.Mendukung proses Perbaikan DNA

Terbukti secara ilmiah bahwa Physalis mengandung vitamin B kompleks dalam jumlah tinggi. Salah satu fungsi Vitamin B kompleks adalah memperbaiki sel DNA. Jadi sekarang kamu bisa mulai mengonsumsi buah ciplukan untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat.


4. Obat Diabetes Mellitus

Menurut sebuah studi ilmiah, Physalis bebas dari sodium dan kolesterol. Buah satu ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Sehingga cukup bersahabat untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki diabetes mellitus atau pra-diabetes. Bagi penderita diabetes bisa mulai rutin mengonsumsi ciplukan untuk membantu mengurangi penyakit tersebut. Tapi juga harus memastikan bahwa makanan lainnya yang biasa dikonsumsi juga ramah bagi penderita diabetes.


5. Mencegah penyakit degeneratif

Vitamin A dalam Physalis sangat bagus untuk mencegah penyakit degeneratif seperti rheumatoid arthritis, cystic fibrosis, dan degenerasi makula. Penyakit-penyakit tersebut disebabkan oleh radikal yang menyerang tubuh kita. Tapi kabar baiknya adalah, Vitamin A adalah agen anti-radikal yang hebat. Jadi, dapat melawan radikal dengan cukup baik dan membantu Anda mencegah penyakit degeneratif.


6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Terbukti secara ilmiah bahwa Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ciplukan kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalanCuaca yang tidak menentu menjadi musuh bagi kesehatan kita. Karena kita dapat menangkap banyak penyakit seperti pilek atau flu dengan sangat mudah. Tapi Physalis mengandung banyak Vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, kita bisa mencegah masuk angin dengan cukup mudah.


7. Obat flu

Di Tiongkok, buah ciplukan digunakan untuk mengobati influenza. Tidak hanya buahnya, orang Tiongkok menggunakan seluruh tanaman yang dikeringkan sebelum digunakan. Langkah selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam panci dan merebusnya dengan 9-15 gram air dan minumlah air rebusan tanaman ciplukan 3 kali sehari.


8. Menjaga kesehatan sistem saraf

Physalis terbukti dapat membantu menjaga sistem saraf yang sehat. Ini karena tingginya jumlah Vitamin B kompleks yang terkandung di dalamnya. Sistem saraf yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk kesehatan, karena sistem saraf termasuk otak sebagai penggerak sistem. Sistem saraf juga yang membuat seluruh saraf di tubuh kita bekerja dengan baik.


9. Memperlambat penyebaran sel kanker

Physalis mengandung nutrisi langka yang disebut withanolides. Senyawa unik ini merupakan senyawa organik. Withanolides sangat bagus sebagai anti-oksidan dan agen anti-inflamasi yang dapat melawan sel-sel kanker. Senyawa ini juga baik untuk memperlambat penyebaran sel kanker ke seluruh tubuh.


10. Anti-inflamasi Antioksidan lain yang dapat ditemukan di dalam buah ciplukan adalah zat anti inflamasi yang hebat. Dimana dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan adalah penyebab banyak penyakit termasuk asam urat, radang sendi, nyeri otot, wasir, nyeri kronis, dan banyak lainnya. Zat anti-inflamasi dapat membantu mengurangi kondisi ini dan juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Karena buah ciplukan memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan pada arteri dan pembuluh darah. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya aterosklerosis dan penyakit jantung koroner. 11. Menurunkan hipertensi Ciplukan sangat bagus untuk meredakan hipertensi karena bekerja dengan mengurangi peradangan pada pembuluh darah.

12. Membuat ibu hamil tetap sehat Salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah zat besi. Ciplukan kaya akan Zat Besi. Dengan demikian, ciplukan bisa membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Kebutuhan zat besi harian ibu hamil adalah sekitar 27 mg.