• Novi Amaliyah

14 Khasiat Jus Nanas Untuk Kesehatan


jus nanas
Manfaat kebaikan jus nanas

Nanas, buah tropikal bercitarasa menyegarkan satu ini bisa dibilang menjadi salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang. Buah satu ini juga cukup serbaguna dibuat berbagai olahan mulai dari selai, sirup, salad hingga padua dessert.


Nanas juga dikenal sebagai ratunya buah dan menjadi salah satu dari tiga buah tropis terpenting yang tumbuh di seluruh dunia seperti pisang dan jeruk. buah tropis terpenting ketiga yang tumbuh di seluruh dunia setelah pisang dan jeruk.

Orang biasa mengkonsumsi nanas segar, dimasak, diawetkan atau diminum sebagai jus. Saat ini Thailand, Filipina, Brazil dan China merupakan produsen utama nanas di Dunia dengan memasok hampir 50% dari total buah di dunia.


Nanas mengandung banyak nutrisi yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya memakannya mentah-mentah, kamu juga bisa memblender nanas menjadi jus dan tetap mendapatkan manfaatnya. Salah satu zat terpenting yang ditemukan dalam nanas disebut bromelain, enzim yang memegang kunci banyak manfaat dari kesehatan buah nanas. Bromelain ditemukan pada tahun 1876 dan diperkenalkan sebagai senyawa terapeutik yang terdapat dalam batang nanas dengan jumlah konsentrasi cukup tinggi. Nanas segar terutama jus mentah mengandung banyak zat yang mengandung belerang dan pencerna protein. Berikut adalah manfaat terbaik yang bisa didapatkan dengan minum jus nanas.


1. Mencegah penyakit skorbut (skurvi)

Jus nanas mengandung vitamin C tinggi atau asam askorbat yang dapat melawan bakteri dan infeksi virus terutama bakteri yang dapat menyebabkan penyakit skorbut atau yang dikenal juga denan skurvi di rongga mulut, penyakit langka akibat tubuh kekurangan vitamin C. Setengah cangkir jus nanas mentah dan segar menyediakan 50 persen dari jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan orang dewasa.


2. Memperkuat tulang

Salah satu manfaat jus nanas adalah dapat bekerja dalam membangun kesehatan tulang. Jus nanas kaya akan mangan, mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk membangun tulang dan jaringan ikat yang kuat. Cukup minum secangkir jus nanas, dapat menyediakan 73% dari jumlah kebutuhan mangan yang direkomendasikan setiap hari. Manfaat jus nanas ini tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan tulang pada orang muda dan juga dapat memperkuat tulang pada orang tua.


3. Menurunkan kolesterol

Jus nanas secara alami dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam aliran darah. Sebuah penelitian yang dilakukan pada bulan Desember 2005 yang diterbitkan dalam “Medical Science Monitor” melaporkan efek nanas dan jus buah lainnya pada lipid plasma. Para peneliti menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi jus nanas selama tiga jam mengalami penurunan kadar lipoprotein atau kolesterol yang signifikan. Meski begitu, penelitian tentang efek jus nanas terhadap kadar kolesterol manusia masih diperlukan.


4. Mempercepat penyembuhan cedera

Khasiat jus nanas ini telah dibuktikan dengan bukti yang disajikan pada April 2011 “Journal of Medicinal Food”. Studi menunjukkan bahwa jus nanas mengandung bromelain yang dapat meningkatkan jumlah sel tendon setelah dihancurkan dan juga menurunkan kadar malondialdehida, senyawa yang menyebabkan mutasi jaringan. Dengan kata lain, minum jus nanas secara teratur, dapat membantu untuk lebih cepat sembuh dari cedera.


5. Meningkatkan kesuburan pria

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jus nanas mengandung mangan c yang tinggi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan terutama kualitas sperma. Secangkir porsi jus nanas dapat memberi 1,3 mg mangan, dan seorang pria membutuhkan 2,3 mg mangan untuk memenuhi asupan harian yang direkomendasikan setiap hari. Sebuah penelitian yang dibawakan oleh seorang peneliti India dalam edisi Juli-Agustus 2009 “Oxidative Medicine and Cellular Longevity” menunjukkan bahwa konsumsi mangan dalam jus nanas dapat meningkatkan pergerakan sperma. Ini juga dapat melindungi sperma selama pembekuan untuk penyimpanan, yang dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan.


6. Meringankan nyeri otot dan persendian

Minum jus nanas yang mengandung bromelain tinggi dapat memiliki efek anti-inflamasi yang kuat pada sendi dan otot. Hal ini membuat jus bermanfaat baik untuk mencegah maupun mengobati cedera yang mungkin timbul saat berolahraga. Enzim bromelain juga memiliki manfaat bagi penderita arthritis. Sifat anti inflamasi dari jus nanas dapat sedikit mengurangi respon inflamasi pada sendi yang muncul sebagai gejala arthritis.


7. Meredakan pilek dan batuk

Beberapa orang akan memilih untuk minum jus jeruk ketika mereka menderita pilek dan jarang yang mempertimbangkan untuk minum jus nanas. Minum jus nanas memberikan khasiat penyembuhan yang sama seperti minum jus jeruk. Kandungan vitamin C pada nanas dapat melawan virus penyebab pilek dan enzim bromelamin yang ditemukan dapat membantu menekan batuk pada anak-anak dan orang dewasa dengan mengencerkan dahak.


8. Mencegah kerut

Ingin awet muda dan memiliki kulit anti kerut, kamu bisa coba mengandalkan manfaat jus nanas. Asam alfa-hidroksi yang dapat kita temukan di banyak bahan krim kulit ditemukan secara alami di nanas. Zat-zat tersebut dapat membantu mengurangi munculnya kerutan halus pada kulit. Jus nanas juga bisa dioleskan pada wajah sebagai masker wajah. Tambahkan madu atau putih telur pada jus nanas dan gunakan sebagai masker.


9. Mengobati kolitis

Minum jus nanas dapat membawa manfaat medis bagi orang yang menderita radang usus besar. Kolitis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan peradangan pada usus besar atau usus besar. Kolitis dapat mempengaruhi proses pencernaan dan menyebabkan sakit perut, diare, kembung, dehidrasi dan perut kembung. Sebuah penelitian yang diterbitkan sebagai artikel “Penyakit Radang Usus” pada bulan Desember 2010 melaporkan bahwa konsumsi jus nanas dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan usus besar karena adanya enzim bromelain.


10. Meningkatkan produksi energi

Tidak hanya mengandung vitamin C yang tinggi, jus nanas juga mengandung Vitamin B1 yang dibutuhkan dalam metabolisme dan produksi energi. Minum jus nanas di pagi hari dapat mengembalikan stamina dan membuat tetap aktif sepanjang hari.


11. Mencegah anemia

Nanas mentah mengandung zat besi dan begitu juga jusnya. Minum jus nanas dapat memberikan kebutuhan zat besi, mineral yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Memiliki kadar darah merah yang rendah dalam tubuh dapat menyebabkan anemia dan gejala tertentu seperti pusing dan pingsan karena sel darah merah adalah yang mentransfer nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh.


12. Membantu pencernaan

Jus nanas mengandung serat yang membantu pencernaan. kandungan serat jus nanas dapat menenangkan sistem pencernaan dan menambah jumlah kotoran dimana dapat membantu untuk meningkatkan pergerakan usus dan mencegah usus besar dari sembelit.

13. Mencegah kanker

Studi membuktikan bahwa bromelain dan antioksidan lain yang ditemukan dalam nanas memiliki efek signifikan untuk mengurangi risiko kanker. Enzim bromelain dalam nanas juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menyebabkan apoptosis. Minum jus nanas akan meningkatkan kekebalan dan mencegah tubuh mengembangkan jenis kanker tertentu.


14. Mengurangi risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia, tidak hanya membunuh orang tua tetapi juga anak muda. Banyak faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan terkena penyakit jantung, beberapa di antaranya adalah pola makan yang buruk dengan kadar kolesterol tinggi, stres dan kurangnya aktivitas fisik. Jus nanas mengandung serat, vitamin dan mineral yang dapat menghilangkan kolesterol jahat dan menjaga kesehatan fungsi jantung. Kandungan antioksidan pada jus nanas juga dapat melindungi sel jantung dari segala kerusakan akibat radikal bebas.