top of page
  • Novi Amaliyah

15 Macam Sandwich Dari Berbagai Negara



Amerika punya banyak jenis sandwich dibandingkan negara lain. Beberapa jenis sandwich dari Amerika yang populer antara lain BLT, yaitu sandwich yang terdiri dari bacon, lettuce dan tomat. Ada juga Cheese Sandwich, Cheese Burger, Hot Dog, Club Sandwich, Hamburger, Peanut Butter and Jelly Sandwich, Cheeseteak, Sloppy Joe hingga Submarine. Sementara itu di i Italy ada Panini, Perancis ada Croque-Monsieur dan Croque-Madame, Vietnam juga punya sajian sejenis bernama Bahn Mi.


Banyaknya ragam jenis sandwich mulai dari jenis roti yang digunakan hingga isian yang digunakan serta paduan saus yang digunakan. Beberapa negara memiliki sandwich sendiri dengan jenis roti dan isian, tentu dengan nama yang berbeda juga. Yuk, simak berikut beberapa sandwich dari beberapa negara yang bisa kamu kenali.


Bahn Mi (Vietnam)

Dipengaruhi oleh budaya Perancis saat mengkoloni Vietnam, Bahn Mi merupakan roti lapi yang terbuat dari roti baguette yang lebih ringan dibanding otentik Bagutter Perancis. Biasanya bahn mi berisi daging, namun ada juga yang berisi ikan, tahu, telur disajikan dengan acar telur, paprika dan daun ketumbar yang menjadi sayuran khas bahn mi.


Bauru (Brazil)

Menggunakan French Roll , Bauru biasanya disajikan dengan keju leleh, daging sapi panggang, irisan tomat segar dan acar mentimun.

Bocadillo (Spanyol)

Bocadillo atau Bocata adalah sandwich Spanyol yang terbuat dari roti khas spanyol yang mirip dengan baguette. Sajian ini biasa tersaji di café atau tapas bar. Beberapa Bocadillo diberi tambahan saus seperti mayonnaise, aioli, ketchup, mustard atau saus tomat. Makanan ini biasanya disajikan dengan bir dingin atau anggur merah. Tipe lain dari Bocadillo juga bisa ditemui di daerah lain di Spanyol dengan nama yang berbeda seperti Serranito, Almussafes dan Esgarrat.


Bosna (Austria)

Sandwich ini biasanya menggunakan roti putih yang dipanggang, berisi sosis bratwurst, irisan bawang bombay, disajikan dengan saus yang terbuat dari paduan saus tomat, mustard dan bumbu kari bubuk.


Bratwurts Sandwich (Jerman)

Di Jerman makanan ini menjadi salah satu street food yang populer. Secara umum, Bratwurst Sandwich mirip dengan hotdog di Amerika yang menggunakan roti hotdog panjang disajikan dengan sosis Jerman bratwurst, saus mustard. Beberapa vendor menambahkan sauerkraut atau kentang goreng sebagai side dish.


Breakfast Roll (Inggris/Irlandia)

Hidangan ini berupa roti yang disajian dengan makanan yang biasa disajikan untuk sarapan pagi seperti sosis, bacon, black pudding, jamur, irisan tomat, telur mata sapi, dan kentang goreng dengan paduan saus tomat dan brown sauce khas Inggris.


Broodje Kroket (Belanda)

Di Belanda, sandwich menggunakan roti yang empuk dan lembut berisi ragout yang kemudian dibalut dengan tepung roti dan digoreng. Sajian ini biasanya dimakan dengan paduan mustard sebagai sausnya.


Bun Kebab (Pakistan)

Bun Kebab terdiri dari patty goreng pedas, irisan bawang bombay, dengan chutney atau raita yang disajikan dalam roti hamburger atau hot dog.


Caviar Sandwich (Rusia)

Orang Rusia biasa menikmati sandwich yang disajikan dengan caviar merah di atas roti yang berlapis butter serta irisan daun parsley segar.



Club Sandwich (Amerika)

Club Sandwich berupa roti tiga lapis yang berisi potongan daging ayam atau kalkun, bacon, irisan tomat dan selada disajikan dengan saus mayonnaise.


Croque- Monsieur (Perancis)

Menggunakan roti brioche, Croque-Monsieur biasanya berisi ham dan keju yang dipanggang atau digoreng. Keju yang digunakan biasanya menggunakan keju Emmental atau Gruyère yang dilapis dengan mornay atau saus béchamel. Croque-madame serupa dengan Croque- Monsieur bedanya hanya ditambahkan telur mata sapi di atasnya.


Doner Kebab (Turki)

Doner Kebab adalah daging yang dimasak pada tiang besi vertikal, biasanya menggunakan daging sapi muda atau sapi, tetapi ada juga yang menggunakan campuran daging domba dan juga daging ayam. Sajian ini biasanya disajikan pada roti pipih seperti lavash atau pita sebagai sandwich yang populer di Turki.


Falafel (Timur Tengah)

Falafel bisa disebut sandwich dari Timur Tengah, berupa roti pita berkantung yang dipotong menjadi dua bagian. Kemudian diisi dengan bola-bola goreng yang terbuat dari kacang polong, acar sayuran disajikan dengan saus paduan saus tahini yang pedas.


Gyro (Yunani)

Pita Gyro  atau Psomaki Gyro , tergantung pada jenis roti yang digunakan, sandwich dari Yunani ini berisi daging yang dipanggang. Disajikan dengan tomat, kentang serta irisan bawang bombay dan saus tzatziki khas Yunani.


Panini (Italia)

Di Italia, panino adalah kata untuk sandwich yang terbuat dari roti selain roti irisan, dalam hal ini orang Italia menyebutnya tramezzino. Jenis roti yang digunakan adalah ciabatta, rosetta, dan baguette. Roti dipotong secara horizontal dan diisi dengan bahan-bahan deli seperti salami, ham, keju, mortadella, atau makanan lainnya.

bottom of page