• Novi Amaliyah

4 Kudapan Manis Yang Terbuat Dari Memanfaatkan Sisa Putih Telur


chiffon cake
Chiffon cake

Saat membuat cake yang menggunakan kuning telur lebih banyak seperti lapis Surabaya ataupun lapis legit biasanya menyisakan putih telur yang berlebihan. Seringkali jadi kebingungan bagaimana memanfaatkan putih telur yang berlebih. Kamu bisa loh menggunakan sisa putih telur ini menjadi kreasi kudapan lain yang tak kalah nikmat. Kamu bisa memanfaatkan putih telur untuk diolah menjadi beberapa varian cake, pudding hingga kue kering. Sekaligus tips menyimpan putih telur dan cara mengolahnya. Selamat mencoba!. 1.Chiffon Cake Chiffon cake yang menggunakan putih telur akan memiliki rasa yang sama dengan chiffon cake dengan telur utuh. Kamu bisa berkreasi dengan menambahkan aneka perisa makanan seperti durian, pisang, pandan, moka, cokelat maupun tape untuk citarasa tradisional. 2. Sponge Cake Sponge cake dengan putih telur akan memiliki tekstur yang lebih kenyal dan rapat bila dibandingkan dengan sponge cake yang dibuat dari telur utuh. Biasanya sponge cake dengan putih telur akan memiliki aroma yang lebih amis. Untuk mengatasinya bisa menambahkan rhum, kulit jeruk atau rempah-rempah ke dalam adonan. Sedangkan untuk mensiasati tekstur cake yang kenyal, bisa menambahkan emulsifier sehingga cake bisa lebih mengembang dan lembut. Biasanya pedagang cake murah dengan produksi masal menggunakan cara ini untuk menekan biaya produksi. 3.Brownies Untuk membuat brownies kukus maupun brownies panggang bisa dibuat dengan adonan putih telur. Aroma amis bisa hilang dengan penambahan dark chocolate lebih banyak dan perisa vanilla untuk aroma lebih harum. 4.Pudding Busa Pudding satu ini disukai karena teksturnya yang sangat lembut. Salah satu bahan agar tekstur pudding busa menjadi lembut adalah dengan menggunakan putih telur yang dipadukan dengan agar-agar. Selain pudding busa, juga bisa dibuat untuk pudding buah dengan putih telur. 5.Lidah Kucing Lidah kucing adalah salah satu kue kering populer yang menggunakan bahan putih telur. Putih telur akan membuat lidah kucing lebih renyah, tambahkan perisa vanilla dan keju tabur agar lidah kucing jadi lebih nikmat. Tips Mengocok dan Mengolah Putih Telur 1. Pastikan wadah yang akan digunakan untuk mengolah putih telur harus kering dari air atau minyak. Usahakan saat mengolah adonan putih telur tidak tercampur dengan tetesan air atau minyak. 2. Untuk mengetahui apakah putih telur sudah mengembang sesuai keinginan, ambil adonan menggunakan spatula. Jika bentuk berbentuk melengkung pada bagian ujungnya berarti adonan sudah pas. Jika hasil kocokan berbentuk lurus berarti pengocokan terlalu kaku.

3. Putih telur yang sudah kaku akan menggumpal jika dicampur dengan bahan lain. Jika adonan dikocok menggunakan gula, sebaiknya hindari mengocok putih telur dengan gula pasir.

4. Sebaiknya kocok putih telur terlebih dulu dengan garam atau cream of tar tar hingga setengah mengembang. Cara menyimpan Putih Telur 1. Cara paling mudah menyimpan putih telur agar lebih awet adalah dengan menyimpannya di dalam freezer.

2. Tuang putih telur dalam wadah kedap udara dan air setelah itu simpan dalam freezer. 3. Sebelum digunakan, pindahkan wadah ke dalam lemari pendingin semalaman atau hingga mencair.

3. Kemudian biarkan dalam suhu ruang sebelum digunakan, 2 sendok makan putih telur sama dengan 1 butir telur segar.