• Novi Amaliyah

4 Manfaat Kesehatan Asam Jawa


Asam atau dikenal juga dengan sebutan asam jawa, tanaman dengan nama ilmia Tamarindus Indica, adalah tanaman yang termasuk dalam tanaman keras yang merupakan tanaman asli Afrika tetapi dapat tumbuh di India, Pakistan dan banyak daerah tropis lainnya.


Daging buah muda asam berwarna hijau dengan citarasa asam. Saat matang, daging buah yang berair menjadi seperti pasta dan lebih asam manis. Buah ini juga disebut kurma India.

Selain biasa dimanfaatkan sebagai perisa asam pada masakan, asam ternyata juga banyak dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Dalam pengobatan tradisional asam dibuat dalam bentuk minuman, biasa digunakan untuk mengobati diare, sembelit, demam, dan tukak lambung.


Kulit kayu dan daunnya juga digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka. Penelitian modern sekarang mempelajari potensi kegunaan tanaman ini untuk obat. Polifenol dalam asam memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Dimana dapat melindungi dari penyakit seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes. Ekstrak bijinya juga dapat membantu menurunkan gula darah, sedangkan ekstrak daging buah dapat membantu menurunkan berat badan dan membalikkan penyakit hati berlemak. Selain itu berdasarkan penelitian, ternyata asam juga memili berbagai kandungan bermanfaat. Berikut 4 manfaat kesehatan asam jawa.

Kaya Nutrisi

Asam Jawa mengandung vitamin, mineral, asam amino dan senyawa tumbuhan yang bermanfaat tetapi juga memiliki banyak kandungan gula. Dalam 120 gr asam mengandung Magnesium 28%, Kalium: 22%, Besi: 19%, Kalsium 9%, Fosfor 14%, Vitamin B1 (thiamin) 34%, Vitamin B2 (riboflavin) 11%, Vitamin B3 (niasin) 12% dari jumlah total konsumsi harian, vitamin C, vitamin K, vitamin B6 (piridoksin), folat, vitamin B5 (asam pantotenat), tembaga dan selenium. Selain itu juga mengandung 6 gram serat, 3 gram protein dan 1 gram lemak. Dengan total 287 kalori, hampir semuanya dari gula yang terkandung di dalamnya. Padahal, satu cangkir asam jawa mengandung 69 gram karbohidrat berupa gula, yang setara dengan 17,5 sendok teh gula pasir.


Antioksidannya Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Daging buah asam mengandung senyawa tanaman yang dapat melindungi dari penyakit jantung dan kerusakan oksidatif. Buah ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan beberapa cara. Polifenol seperti flavonoid, beberapa di antaranya dapat membantu mengatur kadar kolesterol.


Tinggi Magnesium Bermanfaat

Asam jawa juga relatif tinggi magnesium. Satu ons (28 gram), atau kurang dari 1/4 cangkir bubur, menghasilkan 6% dari angka kebutuhan magnesium harian. Magnesium memiliki banyak manfaat kesehatan dan berperan dalam lebih dari 600 fungsi tubuh. Ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memiliki efek anti-inflamasi dan anti-diabetes.


Memiliki Efek Anti-jamur, Antiviral dan Antibakteri

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam dapat melawan banyak mikroba yang berbeda. Ini dapat membantu membunuh bakteri, virus, jamur dan parasit. Ekstrak asam jawa mengandung senyawa alami yang memiliki efek antimikroba. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini mungkin memiliki aktivitas anti jamur, antivirus, dan antibakteri. Ini juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit seperti malaria. Senyawa yang disebut lupeol dikaitkan dengan efek antibakteri asam, karena resistensi antibiotik semakin meningkat. akhir-akhir ini, para peneliti secara khusus tertarik untuk menggunakan tanaman obat untuk melawan bakteri.

© 2019 yukmakan channel