• Maria Yuliana Kusrini

4 Tips Jitu Memilih Daging Kambing yang Benar

Makanan yang menjadikan daging sebagai bahan utamanya terbukti digemari oleh nyaris semua orang. Selain rasanya yang memang enak, daging juga punya banyak manfaat positif bagi tubuh. Sebut saja untuk pilihan daging kambing, punya beberapa kegunaan seperti meningkatkan stamina tubuh, menjadikan sumber tenaga atau energi, mencegar kanker, hingga mencegah anemia. Itu karena daging kambing kaya akan protein, mengandung zat besi, folat, zink, vitamin, mineral, dan berbagai kandungan baik lainnya.

Daging kambing sendiri bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat dan menggoyang lidah. Mulai dari menu sate kambing, tongseng kambing, gulai kambing, sop kambing, nasi goreng kambing, rabeg, soto, tengkleng, kare, dan masih banyak lainnya. Meski sering dikatakan sebagai jenis daging beraroma prengus dan identik dengan keluhan bisa membuat darah tinggi, tetapi daging kambing akan menjadi istimewa jika dimasak dengan benar dan dikonsumsi secara tepat alias tidak berlebihan.



Sebelum mengolah dan memasak daging kambing, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita hendak membelinya. Tujuannya, tentu saja untuk bisa mendapatkan produk daging yang baik dan ketika diolah akan menghasilkan sajian yang nikmat. Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti saat hendak memilih atau membeli daging kambing.


1. Berwarna Cerah

Pilihlah daging kambing yang berwarna merah segar dan cerah. Daging kambing yang memiliki warna merah muda atau pink juga baik untuk dipilih.


2. Aroma Prengus Tidak Terlalu Menyengat

Daging kambing memang punya aroma prengus yang khas dan lebih kuat jika dibandingkan jenis daging merah lainnya. Tapi saat membelinya, belilah daging yang beraroma prengus tidak terlalu menyengat.


3. Tekstur Dagingnya Kenyal dan Padat

Saat membeli daging kambing, jangan lupa untuk memperhatikan tekstur dagingnya. Pilihlah daging kambing yang memiliki tekstur kenyal dan padat.

4. Memiliki Lemak Berwarna Putih

Jika menginginkan daging kambing yang ada lemaknya, maka pilihlah daging yang memiliki lemak berwarna putih terang. Hal itu menandakan jika dagingnya segar dan kualitasnya baik.