© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

5 Bakmie Legendaris Jakarta yang Harus Dicoba



Kepopuleran bakmi memang tidak tergantikan. Sajian yang dipercaya berasal dari Tiongkok ini menyebar ke berbagai penjuru negara di Asia Tenggara lainnya. Di indonesia, sajian ini menjadi sajian popular yang disantap sebagai menu sarapan. Dari berbagai ragam dan gaya bakmi yang ada saat ini, setidaknya ada 5 tempat bakmi legendaris di Jakarta menurut peresensi bakmie terbanyak Tirta Lie yang wajib untuk dicoba. Menurut Tirta Lie, bakmie legendaris ini punya ciri khas masing-masing, salah satu di antaranya ada yang sudah berdiri sejak tahun 1930-an, ada juga yang penyajiannya unik dibanding bakmi kebanyakan. Penasaran untuk mencoba, yuk simak 5 tempat bakmi legendaris di Jakarta berikut ini.


1. Bakmi Encim Anggur

Bakmi yang berada di daerah Penjagalan, Jakarta Utara ini sudah ada sejak tahun 1930-an. Cukup lama untuk sebuah penjaja bakmi untuk tetap eksis. Bakmi ini memiliki citarasa yang sudah pasti istimewa karena menggunakan ayam kampung. Kalau tidak mau kehabisan, kamu harus menyambangi bakmi ini pagi-pagi sekali, khususnya weekend. Bakmi ini buka setiap hari dari pukul 06.30 WIB.


2. Bakmi Kucai

Bakmi satu ini berlokasi di Jalan Gajah Mada Gang Tiker. Meski tempatnya berupa kedai kecil, setelah mencoba bakmi goreng kucai ini kamu akan ketagihan dibuatnya. Bakmi goreng dengan kucai menjadi menu andalan kedai bakmi bergaya Hakka yang sudah berdiri 40 tahun ini.


3. Bakmi Wong Fu Kie

Bakmi Wong Fu Kie bisa dijumpai di salah satu restoran Chinese bergaya Hakka tertua di Jakarta. Restoran yang berada di Jalan Perniagaan Timur, Tambora, Jakarta Barat ini sudah berdiri sejak tahun 1925. Mun Kiaw Mien atau yang berarti mi masak pangsit adalah menu yang harus kamu coba kalau berkunjung ke sini. Menu satu ini tidak akan kamu temui di tempat lain karena merupakan kreasi pendiri restoran Wong Fu Kie. Menu satu ini berupa mi nyemek dengan sayuran serta paduan pangsit goreng isi.


4. Lomie Amen

Kalau kamu pecinta sajian lomie, kamu harus menyambangi Lomie Amen yang berlokasi di Jalan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat. Tempat satu ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an, sajian lomie berkuah dengan sayuran dan aneka topping daging.


5. Bakmi Brebet

Bakmi satu ini tergolong unik karena mi berkuah ini disajikan dengan perkedel goreng, telur rebus, dan emping goreng sebagai taburan. Mi ini tergolong langka dan berbeda jika dibandingkan dengan kedai mi lainnya. Kedai mi Brebet ini sudah ada sejak tahun 1970-an.