top of page
  • Novi Amaliyah

5 Desserts Kopi Untuk Kamu Kopiholic


Untuk kamu pecinta kopi sejati tiada hari tanpa menikmati secangkir kopi panas untuk mengawali hari. Selain espresso atau cappuccino kamu juga bisa menikmati kopi dengan cara berbeda, yaitu mencoba beberapa kudapan manis dengan paduan kopi yang tak kalah nikmat.

Citarasa kopi yang berani jadi paduan sempurna pada beberapa kudapan manis mulai dari es krim, pudding, tiramisu hingga opera cake. Beberapa desserts ini ada yang dibuat menggunakan kopi bubuk instan atau espresso, sementara resep lainnya membutuhkan kopi espresso yang diseduh dengan kuat. Ada juga cold brew atau kopi seduh dingin yang menghasilkan rasa lebih kaya dan lebih nyata tanpa kepahitan atau keasaman. Butuh setidaknya 12 jam untuk mendapatkan citarasa cold brew yang sempurna. Berikut desserts dengan paduan kopi yang harus kamu coba.


Affogato

Affogato adalah makanan penutup yang terbuat dari espresso Italia yang luar biasa kemudian disajikan dengan es krim vanilla. Kopi dan es krim vanilla siapa yang akan menolak.


Tiramisu

Tiramisu memiliki cita rasa khas makanan penutup klasik Italia, Tiramisu dalam bahasa Italia berarti  "jemput aku”. Lapisan biscuit lady fingers yang lembab dengan espresso serta paduan keju mascarpone dan cokelat bubuk membuat kudapan manis satu ini jadi begitu nikmat.


Opera Cake

Hidangan penutup Prancis klasik satu ini selalu hadir cantik dengan tulisan opera di bagian atas cakek. Cake ini terbuat dari lapisan sponge cake almond, coffee buttercream, dan dark chocolate ganache. Sungguh paduan yang sempurna.

Coffee Ice Cream

Siapa akan menolak es krim, meski sederhana es krim dengan citarasa kopi bisa jadi istimewa jika dibuat dengan paduan kopi yang nikmat serta krim creamy.


Texas Brownies

Latte telah membuktikan bahwa kopi dan cokelat adalah perpaduan yang sempurna. Brownies Texas menampilkan duo ini dalam bentuk cake panggang dimana menambahkan secangkir penuh kopi ke dalam adonan. Dengan lapisan frosting cokelat yang nikmat.


Foto:Dok.Getty Images

bottom of page