5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Beras

Selama ini nasi dijadikan sebagai salah satu sumber karbohidrat yang begitu difavoritkan masyarakat Indonesia. Bahkan sampai ada istilah 'belum makan rasanya, jika belum makan nasi'. Nasi sendiri merupakan salah satu olahan matang dari beras dan untuk tanamannya dikenal dengan sebutan padi. Untuk bisa menjadi nasi yang pulen dan enak, tentunya dibutuhkan jenis beras yang baik. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal penting saat memilih atau membeli beras. Dan berikut ini ada 5 hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih beras.



1. Beras bersih

Saat membeli, pilihlah beras yang tampilannya bersih. Yang dimaksud bersih, tentunya bebas dari berbagai kotoran seperti batu, gabah, dan juga kutu beras. Apabila beras terdapat kutu, maka beras bisa ditampi dan dijemur di bawah sinar matahari langsung.


2. Warnanya alami

Pilihlah beras dengan warna putih yang alami. Jangan pilih beras dengan warna yang buram apalagi yang berwarna terlalu putih. Beras yang memiliki warna terlalu putih dikhawatirkan menggunakan bahan pemutih tambahan atau tidak alami.


3. Cek aromanya

Beras yang baik memiliki aroma yang baik juga. Jangan membeli beras yang aromanya sudak apek. Apabila memilih jenis beras jenis yang lebih wangi, maka bisa menjadikan beras pandan wangi sebagai pilihan.


4. Beras kering

Pilihlah beras yang kering dan saat dipegang tidak terasa lembab. Apabila sudah terlanjur membeli yang lembab, jemur beras di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Baru setelahnya beras bisa disimpan dalam wadah tertutup.


5. Buliran beras utuh

Untuk bisa mendapatkan nasi yang sedap dan sempurna, hendaknya membeli beras yang memiliki buliran utuh sempurna. Jangan membeli beras yang bulirannya sudah tidak utuh, alias patah-patah. Jika dipilih maka nanti akan menghasilkan nasi yang kurang menarik.