• Novi Amaliyah

5 Khasiat Seduhan Jahe dan Madu, Mengatasi Flu Hingga Meningkatkan Imun


Ginger Honey
Khasiat ramuan jahe dan madu ternyata bisa meningkatkan imun tubuh dan mengatasi flu

Selama ini jahe dikenal sebagai rempah yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan salah satuny untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Secara tradisional ramuan ini juga diyakini oleh banyak orang sebagai ramuan pertolongan pertama untuk mengatasi beberapa keluhan seperti mengatasi pilek dan kurang enak badan. Selain itu jahe juga berkhasiat untuk membantu tubuh melawan bakteri berbahaya seperti E. Coli dan juga meminimalkan bakteri berbahaya di dalam mulut. Khasiat lain jahe juga menjadi pilihan efektif pada saat perut kembung atau morning sickness yang biasa dialami ibu hamil. Jahe juga membantu tubuh untuk mengeluarkan enzim alami dalam menangkal gejala penyakit. Sementara madu dikenal sebagai pasangan yang paling cocok untuk dipadukan bersama jahe. Jahe memiliki rasa pedas dan bau yang tajam jika dipadukan dengan madu akan membantu menetralkan rasa dan baunya. Madu juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Jadi bisa dibayangkan bagaimana jahe dengan antioksidannya yang tinggi disatukan dengan madu yang juga memiliki antioksidan tinggi. Ramuan berkhasiat ini menjadi paduan yang saling melengkapi, apa saja khasiatnya. Berikut 5 Khasiat Seduhan Jahe dan Madu.


1. Mengobati Gejala Flu dan Mual

Kombinasi jahe dan madu sangat baik untuk orang yang bepergian jarak jauh selain itu berkhasiat untuk minuman yang menghangatkan tubuh ketika cuaca ekstrim maupun dingin. Kombinasi jahe dan madu ini juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dengan usia kehamilan 6 bulan untuk menghindari mual dan muntah.


2. Merawat Cacingan pada Anak

Cacingan merupakan penyakit yang umum terjadi pada anak-anak. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak usia 5-10 tahun. Jika tidak ditangani dengan serius, penyakit ini dapat memicu penyakit yang lebih serius dan menghambat proses belajar pada anak. Cara penularan infeksi kecacingan terjadi akibat menempelnya telur cacing secara tidak sengaja pada tangan dan kaki anak. Telur cacing kemudian masuk ke dalam tubuh karena tertelan. Kenali beberapa gejala cacingan pada anak dan cara pencegahannya agar cacingan tidak terjadi berulang kali pada anak. Cacingan pada anak biasanya dapat diobati dengan obat khusus yang disebut Albendazole. Tetapi jika lebih menyukai cara yang lebih alami, bisa diatasi dengan seduhan jahe dan madu.


3. Obat Penghilang Rasa Sakit Alami

Kombinasi jahe dan madu dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Meskipun jahe memiliki rasa yang kuat dan tajam namun jahe dapat membantu meredakan rasa sakit dan bengkak. Jahe dapat memblokir pembentukan senyawa inflamasi prostaglandin dan leukotrien. Efek antioksidan jahe dapat memecah peradangan dan keasaman yang ada pada cairan di persendian. Kombinasi jahe dengan madu bisa dijadikan sebagai ramuan untuk mengatasi nyeri otot, nyeri sendi, dan bengkak. Cukup siapkan satu rimpang jahe, cuci bersih dan parut. Kemudian siapkan dua gelas besar air, tambahkan jahe parut dan didihkan, angkat dan tambahkan satu sendok makan madu


4. Baik untuk Jantung

Studi menunjukkan madu dan jahe baik untuk kesehatan jantung. Jahe terbukti sangat bermanfaat dalam mencegah pembekuan darah dan menurunkan kolesterol. Ini membantu melawan penyakit jantung atau penyumbatan pembuluh darah. Manfaat madu dan jahe mampu meredakan ketegangan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi kemungkinan terjadinya aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.


5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Madu dan lemon ini sangat cocok untuk melawan penyakit, ramuan tersebut juga dapat membantu kemampuan tubuh untuk mempertahankan diri. Minum secangkir air seduhan jahe dan madu ditambah dengan lemon setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lemon kaya akan vitamin C dan mampu mencegah serangan masuk angin, serta menghangatkantubuh. Paduan jahe dan madu melawan virus. Siapkan 2 cm jahe lalu memarkan, 3 iris lemon dan 2 sendok makan madu. Rebus secangkir air dengan jahe hingga mendidih, beri perasan jeruk nipis dan tambahkan madu selagi hangat. Minumlah secara teratur setiap hari untuk mencapai hasil yang optimal.