• Maria Yuliana Kusrini

5 Kreasi Menu Nusantara Spesial HUT RI Ke-77 di Meatsmith

Meatsmith, restoran yang menjadikan olahan daging sebagai sajian unggulannya menghadirkan 5 kreasi menu Nusantara yang super spesial. Ke-5 menu istimewa ini pun hanya dihadirkan sepanjang bulan Agustus 2022 ini saja. Menggandeng tokoh kuliner Ade Putri Paramadita untuk membuat menu spesial yang terinspirasi kuliner Nusantara, moment ini juga hendak merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77.


Restoran yang ada di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan ini pun sukses menghadirkan 5 pilihan rasa baru yang terinspirasi dari hidangan khas Nusantara yang ditemui Ade Putri dalam perjalanan kulinernya keliling Indonesia. Untuk menu spesial yang terinspirasi sajian Indonesia ini, Ade Putri berkolaborasi dengan Chef Meatsmith, yakni Aga Alvian. Kolaborasi ini pun sukses menyajikan hidangan khas Nusantara yang dimodifikasi serta dimasak menggunakan bahan terbaik dan teknik modern. Ke-5 kreasi menu itu adalah Woku Fried Chicken Burger, Short Ribs Pamarrasan, Rendang Beef Cheek Pie, Ayam Taliwang Flat Bread, dan Arsik Brisket Spring Rolls.

Woku Fried Chicken Burger

Pecinta burger, pastinya sudah tak asing lagi dengan olahan burger Meatsmith yang banyak varian dan rasanya enak. Khusus di bulan Agustus 2022 ini, ada olahan burger spesial bercitarasa Indonesia yang namanya Woku Fried Chicken Burger. Burger ini terinspirasi dari sajian khas Sulawesi, tepatnya Manado yakni ayam woku. Woku Fried Chicken Burger terdiri dari potato bun yang super lembut mengapit ayam juicy, sambal woku, saus kemangi aioli, dan daun kenikir segar. Perpaduan rasa saat menggigit burger ini begitu sempurna dan memanjakan lidah. Ditawarkan dengan harga Rp 85.000,- per porsinya, tamu dijamin akan puas dan kenyang.


Short Ribs Pamarrasan

Masih terinspirasi dari sajian khas Sulawesi, hadir juga olahan iga bernama Short Ribs Pamarrasan. Melihat tampilannya saja, sudah terlihat jelas bahwa menu ini punya citarasa yang menggiurkan. Menu ini dibuat dengan proses yang panjang dan membutuhkan waktu lama. Mulai dari proses marinasi hingga pengasapan iga sapi yang membutuhkan waktu sedikitnya 12 jam. Iga sapi yang berdaging sangap empuk dan lembut ini dimasak gaya khas Toraja yang menggunakan bumbu hitam alias Pamarrasan. Salah satu bumbu utama yang digunakan adalah kluwak. Iga ini pun makin meriah karena ditemani dengan smoked purple potato puree, saus rawon, hingga colo-colo sebagai toppingnya.


Rendang Beef Cheek Pie

Menu satu ini menjadi sebuah cara baru dan berbeda dalam menikmati rendang. Jika biasanya rendang berupa potongan daging yang dinikmati bersama nasi, maka olahan rendang ala Meatsmith ini terasa spesial dan beda. Olahan rendang yang terbuat dari daging sapi bagian pipi, dimasak dengan aneka bumbu rempah lalu dijadikan isian pie. lembutnya si daging pun menyatu sempurna dengan bumbu rempahnya dan terasa makin spesial karena ada aroma gurih dan lembut yang berasal dari pie pembungkus rendangnya. Rendang Beef Cheek Pie yang terinspirasi dari olahan khas Padang, Sumatera ini ditawarkan dengan harga Rp 95.000,- per porsinya.


Ayam Taliwang Flat Bread

Terlihat dari namanya, kreasi menu ini terinspirasi dari olahan ayam taliwang khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Olahan ayamnya terasa juicy dan berbumbu. Ada sensasi gurih, asin, hingga sentilan rasa sedikit pedas yang menjadikan hidangan ini begitu istimewa. Potongan ayam yang berbalur bumbu taliwang ini pun diramaikan dengan roti pipih menyerupai pizza tipis yang garing, saus taliwang aioli, hingga salad sayuran yang menggunakan taliwang dressing. Perpaduan rasa menu seharga Rp 75.000,- per porsinya ini dijamin memanjakan lidah.


Arsik Brisket Spring Rolls

Camilan seharga Rp 85.000,- per porsinya ini pasti akan sangat disukai oleh masyarakat. Berupa spring rolls atau lumpia, yang isian di dalamnya ada olahan daging sapi yang dimasak arsik khas Sumatera Utara. Daging sapinya dibuat agak hancur, lalu dipadukan dengan kecombrang, andaliman, lokio, dan bumbu rempah lainnya. Isian lumpia ini sukses memunculkan citarasa gurih dengan sensasi agak pedas dari andalimannya serta aroma wangi khas dari penggunaan kecombrang. Isian itu pun dibalut dengan kulit lumpia yang garing dan renyah saat digigit. Arsik Brisket Spring Rolls ini pun tak hadir sendirian, karena ditemani dengan saus spesial bernama Arsik Aioli.


Ke-5 menu bercitarasa Nusantara ini pun pasti sukses memanjakan lidah para penikmat kuliner Tanah Air. Apalagi Ade Putri sendiri memiliki kecintaan dan banyak pengalaman luar biasa akan kekayaan kuliner di pelosok Indonesia. Selama ini, wanita yang akrab disapa Ade itu telah berkeliling Tanah Air, termasuk ke daerah pelosok untuk mempelajari tentang kebiasaan penduduk lokal, budaya, dan makanannya. Belum lama ini, ia menemani Gordon

Ramsay melakukan sebuah perjalanan ke Padang, Sumatra Barat dan ditayangkan secara global di program Uncharted asuhan Gordon di Discovery Channel.