top of page
  • Novi Amaliyah

5 Kudapan Manis Favorit Indonesia Pembangkit Nostalgia


Dari sekian kekayaan kuliner Indonesia yang beragam selain masakan Indonesia yang selalu bikin kangen, jajanan manis khas Indonesia juga memberikan banyak nostalgia. Dari sekian banyak jajanan manis populer khas Indonesia, beberapa jajanan ini juga menjadi ikon yang dikenal oleh turis-turis manacanegara saat berkunjung di Indonesia. Apa saja sih, jajanan manis pembangkit nostalgia ini. Berikut 5 kudapan manis favorit Indonesia pembangkit nostalgia.


Martabak

Siapa tak suka dengan sajian manis satu ini, kudapan manis khas Indonesia satu ini dikenal sebagai salah satu kudapan manis yang selalu tersedia saat momen berkumpul dengan sahabat, keluarga. Siapa yang menolak sepotong martabak manis panas yang empuk dengan isian cokelat meises dan kacang tanah yang gurih. Beberapa menambahkan kacang wijen yang memberikan aroma lezat. Kudapan yang mirip dengan pancake tebal ini dipastikan akan membuat rencana dietmu gagal.

Klepon

Klepon, kudapan manis yang termasuk dalam kategori jajanan pasar satu ini terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bola-bola berisi gula jawa yang kemudian digulingkan ke dalam parutan kelapa. Sensasi gula jawa yang lumer di mulut cukup memberikan kejutan untuk baru yang pertama kali mencobanya.

Kue Cubit

Kue satu ini mirip dengan poffertjes Belanda, pada dasarnya kue satu ini adalah pancake yang dicetak dalam cetakan berbentuk bulat yang bisa dimakan sekali hap. Kue imut satu ini diberi taburan cokelat meises. Biasanya kebanyakan orang memilih menikmati camilan satu ini dengan memesannya setengah matang, sehingga bahwa bagian tengah kue cubit masih lembek. Sensasi adonan kue cubit yang lumer dan lembut ini menjadi favorit sebagian orang. Kue satu ini bisa dibilang memberikan nostalgia saat dimana menikmati kue cubit di bangku sekolah dasar

Lapis Legit

Kudapan manis lainnya yang terinspirasi oleh kudapan dari Belanda adalah lapis legit. Kue satu ini merupakan kue berlapis-lapis. Kue istimewa satu ini biasanya hanya disajikan pada acara-acara khusus karena memakan waktu untuk membuatnya. Karena setiap lapisan kue ini dipanggang selapis demi selapis yang kemudian ditekan bersama-sama sehingga memberikan tekstur kue yang kuat. Citarasa kue satu gurih karena terbuat dari kuning telur dan butter yang kaya.


Pisang Goreng

Camilan satu ini terbuat dari dari pisang raja, biasanya pisang goreng dijadikan camilan sore sambil menikmati teh maupun kopi panas. Pisang goreng paling enak dinikmati yang baru digoreng. Kamu bisa menambahkan sedikit gula atau Nutella yang lezat.

bottom of page