• Novi Amaliyah

5 Makanan Super Untuk Penderita Diabetes


Menjaga pola makan yang baik adalah obat terbaik bagi semua orang, terutama mereka yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Pada 90% dari penyakit kronis dan degeneratif, disebabkan karena pola makan yang buruk. Bagi penderita diabetes selain mengonsumsi obat, menjaga pola makan dan menerapkan diet yang sesuai. Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah membantu fungsi semua fungsi metabolisme, termasuk produksi insulin tubuh, kembali normal.


Berhentilah mengonsumsi makanan dan minuman yang memicu gula darah dan memicu respons insulin naik seperti permen, soda, jus, serta karbohidrat olahan seperti roti, makanan panggang, pasta, keripik, dan makanan komersial berbasis biji-bijian, seperti sereal yang biasa dikonsumsi untuk sarapan. Mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan dapat menyebabkan Diabetes Tipe 2.


Mulailah makan lebih banyak makanan yang menyembuhkan kerusakan yang disebabkan oleh resistensi insulin dan diabetes terhadap tubuh. Lakukan ini dengan mengubah diet menjadi diet antiinflamasi karena peradangan adalah salah satu akar penyebab diabetes. Peradangan menghancurkan sel beta penghasil insulin di pankreas. Dalam diet ini cobalah untuk mengonsumsi banyak makanan super untuk penyembuhan diabetes. Berikut 5 makanan supert untuk penderita diabetes menurut berbagai penelitian ilmiah.


Minyak Zaitun Ekstra Virgin (EVOO)

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menempatkan orang pada diet rendah lemak, diet Mediterania yang menekankan EVOO, atau diet Mediterania yang menekankan konsumsi kacang-kacangan. Mereka yang mengonsumsi lebih banyak minyak zaitun dan kacang-kacangan memiliki kadar gula darah yang jauh lebih rendah daripada mereka yang diet rendah lemak. Berkat antioksidan yang kuat, oleocanthal yang bertanggung jawab pada citarasa agak pedas pada minyak zaitun segar yang baru diperas. EVOO juga mengurangi peradangan, salah satu penyebab utama diabetes. Mengendalikan peradangan sangat penting untuk penyembuhan - dan membalikkan - tipe 2 dan pradiabetes. Studi yang disebutkan di atas juga menemukan bahwa diet minyak zaitun menurunkan protein C-reaktif, indikator peradangan sistemik. Sayangnya, minyak zaitun di supermarketmungkin tidak cukup kuat. Properti melawan peradangan EVOO mulai memudar setelah diperas. Semakin lama disimpan, semakin lemah. Sebagian besar minyak zaitun supermarket bisa berumur satu tahun atau bahkan lebih.



Salmon Liar Pasifik

Pada 2010, peneliti Universitas California menemukan bahwa asam lemak omega-3 EPA dan DHA pada ikan air dingin meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi peradangan. Sebuah studi selama 17 tahun yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menemukan bahwa peningkatan kadar omega-3 dalam darah melindungi terhadap kematian mendadak akibat penyakit jantung - sementara level yang lebih rendah justru meningkatkan bahaya, 75% kematian akibat diabetes disebabkan oleh serangan jantung atau stroke.

Coba konsumsi ikan yang kaya lemak omega-3 khususnya ikan salmon Pasifik liar yang ditangkap, makan dua atau tiga porsi per minggu, hindari ikan yang dipelihara di peternakan. Salmon yang dibudidayakan terkenal rendah omega-3 dan mengandung bahan kimia yang tidak sehat seperti diphenyl ether (PBDE) polibrominasi, yang sering direkayasa secara genetik "Frankenfish" dan dibesarkan dalam kondisi "kotor" secara ekologis.

Di Alaska, salmon liar dilindungi, sedangkan salmon budidaya dilarang. Saat membeli pastikan salmon berlabel "Wild Alaskan" untuk mendapatkan produk ikan salmon berkualitas dengan omega-3 tingkat tinggi.


Bawang

Bawang adalah salah satu sumber makanan utama untuk trace mineral chromium, yang menghasilkan manfaat kuat pada kadar glukosa darah. Penelitian menunjukkan bahwa kromium membantu tubuh menggunakan insulin lebih efisien, mempertahankan kadar gula darah yang stabil, dan mengurangi kebutuhan akan obat diabetes. Kekurangan kromium dan diabetes sering menyertai satu sama lain. Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Biokimia menunjukkan bahwa kromium adalah potensiator insulin, yang berarti bahwa ini membuat insulin lebih efektif. Pada 240 gr bawang mentah atau 120 gr bawang yang sudah diproses dapat menyediakan 24mcg dari rekomendasi asupan yang dianjurkan dari 25 - 35mcg kromium. Jadi tambahkan banyak bawang bombay, bawang putih dan rempah-rempah, dengan sayuran segar sebagai salad bisa juga pada telur dadar.


Kayu Manis

Kayu manis telah digunakan sebagai obat sejak zaman kuno. Bumbu populer ini digunakan di Mesir kuno, Cina, dan India untuk keperluan kuliner dan pengobatan. Kayu manis telah terbukti membantu menurunkan kadar glukosa darah pada orang dengan diabetes tipe 2 dan bahkan meningkatkan jumlah insulin yang diproduksi dalam tubuh.


Kacang

Kacang dapat membantu mengatur gula darah dan berat badan. Kacang almond misalnya sangat bermanfaat karena mengandung protein dan antioksidan yang tinggi, dan memiliki indeks glikemik rendah (GI). Kacang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFAs), yang membalikkan resistensi insulin. Cara terbaik memakan kacang adalah setelah kacang direndam semalam untuk melepaskan penghambat enzim mereka.

© 2019 yukmakan channel