• Novi Amaliyah

5 Sajian Khas Thailand Dengan Paduan Buah


Sebagai salah satu negara tropis di Asia, Thailand menghasilkan beragam buah-buahan. Sebut saja pepaya, kelapa, mangga, pisang, nanas, jambu, durian, dan masih banyak lainnya. Tak hanya lezat, buah-buahan ini juga sangat bergizi, kaya serat dan vitamin yang bermanfaat kesehatan bagi tubuh.

Buah-buahan tropis khas Thailand ini bisa dinikmati langsung atau tanpa diolah lebih dulu, dijadikan paduan kue kering, ataupun makanan penutup yang menyegarkan. Namun dalam masakan Thailand, buah-buahan bisa dijadikan bahan utama pada menu makanan. Penggunaan buah segar dapat memunculkan citarasa sajian ala Thailand yang khas. Dan berikut ini lima sajian Thailand yang menggunakan paduan buah khas Thailand yang direkomendasikan oleh THAI SELECT.

1. Thai Banana Blossom Salad

Sajian pembuka satu ini menghadirkan citarasa asam dan gurih yang mampu memunculkan selera makan. Salad ini terbuat dari jantung pisang, udang, kelapa bakar, daun bawang, serta paduan saus Thailand yang terbuat dari santan, udang kering, gula aren, pasta asam, kecap ikan, cabai, dan minyak kedelai.


2. Soft Shell Crab Som Tum

Untuk sajian utamanya bisa menjadikan Soft Shell Crab Som Tum sebagai pilihan. Olahan kepiting yang digoreng ini memiliki citarasa pedas, renyah, dan segar. Tak sendiri, kepiting itu dipadukan dengan potongan kacang panjang, pepaya hijau, tomat, dan wortel yang dibumbui dengan cabai rawit, bawang putih, air jeruk nipis, air asam, gula aren, dan kecap ikan.


3. Deep-fried with Pineapple & Sweet Chilli Sauce

Hidangan mewah satu ini memiliki aroma wangi yang dan menyegarkan dari nanas. Citarasanya begitu spesial dan memanjakan lidah. Sajian ini berupa ikan Barramundi utuh yang digoreng kemudian disiram dengan saus sambal khas Thailand, ditambah irisan cabai rawit, daun ketumbar, dan daun bawang. Penggunaan buah nanas memberikan keseimbangan citarasa asam manis dengan rasa pedas yang berani pada menu ini.


4. Pineapple Fried Riceberry Rice

Ingin menikmati hidangan utama bercitarasa eksotis coba Nasi Goreng Thailand. Nasi goreng ini dibuat menggunakan Thai riceberry sebagai bahan utamanya yang dipadukan dengan buah nanas serta bumbu eksostis khas Thailand. Paduan rasa pedas-asam-gurih serta tekstur renyah dari kacang mede begitu memanjakan lidah.


5. Coconut & Manggo Rice Pudding

Untuk sajian penutupnya, bisa menjadikan Coconut & Mango Rice Pudding sebagai pilihan. Menu ini terbuat dari ketan hitam dengan paduan santan, serta topping irisan buah mangga yang segar. Tekstur

lembut dan kenyal dari ketan hitam bercitarasa gurih berpadu harmonis dengan kesegaran buah mangga Thailand yang asam manis.

Jadi untuk bisa mendapatkan berbagai menu khas Thailand bercitarasa otentik, bisa memilih dan mengenali restorannya yang memiliki tanda atau logo THAI SELECT. Logo itu memang secara khusus diberikan pada restoran Thailand yang ada di luar negri (di luar Negara Thailand) yang sudah mendapatkan persetujuan oleh Departemen Promosi Perdagangan Internasional (DITP), Kementerian Perdagangan, Thailand untuk meningkatkan pengakuan restoran Thailand berkualitas di seluruh dunia. Hal ini pun juga mendorong pemilik restoran Thailand untuk meningkatkan kualitas restorannya sekaligus mempertahankan keaslian dari makanan yang ditawarkan.

Maka jika ingin menikmati sajian bercitarasa otentik Thailand, carilah restoran Thailand berlogo THAI SELECT. Pengunjung tak hanya mendapatkan sajian otentik, tetapi juga akan disambut dengan senyum ramah khas Thailand, mendapatkan suasana restoran yang menyenangkan, sekaligus mendapatkan sebuah pengalaman menarik dari budaya Thailand.


Look for AUTHENTIC THAI CUISINE, look for Thai SELECT



Written by www.asianinspirations.co.au

Translated by www.yukmakan.com


© 2019 yukmakan channel