• Maria Yuliana Kusrini

5 Teh Herbal Rempah yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Minum teh tentu bukan lagi jadi hal baru yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Umumnya, minuman teh terbuat dari pucuk daun teh. Selain daun teh, ada juga pilihan lainnya yang menjadikan aneka bunga sebagai bahannya, sebut saja teh bunga chamomile, teh bunga telang, teh bunga mawar, dan masih banyak lainnya.


Selain beragam jenis teh itu, kita tentu mengenal juga istilah teh herbal. Minuman ini tentu memiliki khasiat dan manfaat tersendiri bagi tubuh. Dan dari sekian banyak pilihan teh herbal yang ada, berikut ini ada 5 pilihan teh herbal dari rempah yang bisa dibuat sendiri di rumah.



1. Teh Herbal Jahe

Jahe tentu sudah akrab untuk direbus dan dijadikan minuman yang bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Jahe yang digunakan hendaknya adalah jahe segar, sehingga memiliki citarasa dan aroma khas dari jahe yang begitu menenangkan. Untuk membuat teh herbal ini, siapkan 5 cm jahe segar yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Lalu iris tipis dan masukkan ke dalam gelas, tuangi dengan 250 ml air mendidih dan tutup gelasnya. Setelah menjadi hangat, segera minum teh herbal jahenya.

2. Teh Herbal Serai

Serai merupakan salah satu bumbu dapur atau kategori rempah-rempah yang punya aroma yang khas. Mirip dengan jahe, serai juga bisa dijadikan teh herbal dan punya peranan baik bagi tubuh. Untuk membuat teh herbal yang menjadikan serai sebagai bahan utamanya, langkah yang perlu dilakukan juga sama dengan cara membuat teh herbal jahe. Serai yang digunakan adalah serai segar yang dimemarkan bagian umbinya terlebih dulu.


3. Teh Herbal Kayu Manis

Untuk membuat teh herbal ini, kayu manis yang digunakan adalah kayu manis batang, bukan bubuknya. Meski keduanya tetap memiliki wangi dan rasa yang pastinya sangat aromatik. Namun, apabila ingin mendapatkan aroma yang lebih kuat, maka bisa menambahkan sedikit kayu manis bubuk ke dalam teh herbalnya. Langkah pembuatannya, tuang air mendidih ke dalam gelas, lalu tutup dan diamkan selama 5 menit. Masukkan 1 batang kayu manis sepanjang 10 cm yang sudah dicuci bersih ke dalam gelas dan tutup. Minum teh herbal ini saat airnya sudah menjadi hangat. Jika ingin mendapatkan citarasa yang lebih kuat, maka kayu manis bisa direbus bersama air.


4. Teh Herbal Daun Salam

Teh Herbal Daun Salam ini menggunakan daun salam muda sebagai bahan utamanya. Daun salam bisa diseduh menggunakan air mendidih saja. Namun jika ingin mendapatkan rasa yang lebih pekat dan kuat, maka daun salamnya bisa direbus bersama dengan air sampai mendidik. Setelah menjadi air menjadi hangat, saring dan segera minum.

5. Teh Herbal Daun Pandan

Pilih daun pandan segar untuk membuat minuman ini. Setelah dicuci bersih, iris halus satu lembar daun pandannya. Siapkan gelas, tuangi dengan 250 ml air mendidih lalu tutup gelasnya selama 5 menit. Kemudian masukkan potongan daun pandan ke dalamnya, tutup gelas. Setelah hangat, saring airnya. Teh herbal daun pandan pun siap untuk diminum.