• Maria Yuliana Kusrini

6 Keuntungan Memasak Sendiri di Rumah

Meski akan terasa lebih praktis jika makan di restoran, namun ada banyak manfaat positif jika kita menyiapkan makanan atau memasak sendiri di rumah. Meski memang membutuhkan waktu khusus, memasak makanan sendiri di rumah punya banyak manfaat baik. Dan berikut ini 6 keuntungan yang bisa kita dapatkan jika memasak atau menyiapkan makanan sendiri di rumah.


1. Hemat

Memasak sendiri hidangan yang akan dikonsumsi akan terasa lebih hemat jika dibandingkan kita membelinya di restoran. Bisa jadi, pengeluaran kita bisa dua kali lipat lebih banyak jika makan di restoran, meski menu yang dimakan sama jenisnya.


2. Bersih dan Sehat

Masak makanan dan akan dimakan sendiri, tentunya akan kita jaga kebersihan dan kesehatannya. Saat menyiapkan bahan baku pun, pasti kita akan memilih bahan terbaik. Jika ada yang busuk atau terlihat kurang segar, tentu akan disingkirkan dan diganti dengan bahan yang lebih baik. Proses memasak pun pasti akan sangat dijaga. Hal itu yang mungkin tak akan kita dapatkan jika membeli makanan matang di luar rumah.


3. Gizi dan Nutrisi Lebih Terkontrol

Membuat kreasi masakan sendiri di rumah, maka kita bisa mengatur kandungan nutrisi dari masakan yang kita inginkan. Kita pun bisa menyesuaikan dengan kondisi tubuh kita dan kebutuhan gizi pada tubuh kita.


4. Citarasa Sesuai Selera

Nah ini yang kadang kurang bisa kita dapatkan saat menikmati makanan di restoran. Ada kalanya kita akan mendapatkan makanan yang kurang pas di lidah kita. Berbeda halnya jika kita mau memasak sendiri di rumah, maka kita bisa mendapatkan makanan yang citarasanya sesuai dengan selera lidah kita. Jika ingin menambahkan penyedap sekalipun, kita bisa menggunakan rempah atau penyedap lainnya yang lebih aman dan terbuat dari bahan alami.


5. Mengakrabkan Anggota Keluarga

Memasak di rumah juga mampu menghangatkan sekaligus mengakrabkan hubungan dalam keluarga. Saat memasak ini, antara suami dan istri, orang tua dan anak, kakak dan adik bisa saling bertukar cerita sekaligus saling membantu dalam mengkreasikan makanan tertentu.


6. Pengalaman Berharga Bagi Buah Hati

Sedangkan bagi yang telah memiliki buah hati atau anak, memasak di rumah tentunya akan menjadikan pengalaman berkesan bagi sang anak. Di sini, anak bisa belajar mengenal bahan makanan sekaligus belajar memasak. Tak jarang, moment memasak bersama orang tua akan terus dikenang hingga sang anak dewasa.



© 2019 yukmakan channel