• Novi Amaliyah

6 Manfaat Kesehatan Jeruk Kalamansi


jeruk kalamansi
Jeruk kalamansi

Calamansi atau jeruk kalamansi dikenal juga dengan sebuat kitna, jeruk kasturi, lemon cui atau jeruk kunci adalah salah satu tanaman jeruk yang merupakan tanaman asli dari. Jeruk ini memiliki rasa khas dengan aroma yang harum. Jeruk ini biasanya dikonsumsi sebagai minuman yang menyegarkan selain itu juga dijadikan pelengkap dalam beberapa sajian karena aromanya yang nikmat. Selain rasa dan aromanya yang nikmat, jeruk kalamansi juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Berikut 6 manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari jeruk kalamansi.


Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Di masa pandemi ini, sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Kalamansi kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi. Mengkonsumsi buah jeruk, seperti calamansi, akan membantu tubuh membangun sistem imunitas tubuh. Vitamin C memainkan peran penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh, terutama pada tingkat sel. Saat tubuh kekurangan vitamin C, tubuh akan lebih mudah terkena infeksi.


Menurunkan kolesterol

Ada banyak penelitian yang membuktikan manfaat jeruk kalamansi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Ini dikarenakan kandungan antioksidan dan serat di dalamnya. Dengan terkontrolnya kadar kolestrol dapat membantu mengurangi risiko penyakit sepeti jantung dan stroke.

Mencegah Diabetes

Kalamansi membantu menurunkan kadar glukosa darah dan mengatur sekresi insulin yang menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.


Kaya Antioksidan

Semua buah jeruk kaya akan kandungan antioksidan. Antioksidan sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh untuk menghilangkan radikal bebas yang dapat menjadi racun bagi tubuh dalam jangka waktu yang lama. Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan risiko penyakit yang lebih besar.


Menambah Energi

Jus jeruk kalamansi dapat dijadikan sebagai minuman penambah energi. Tambahkan setetes madu ke dalam jus kalamansi untuk membantu meningkatkan energi. Asupan vitamin C dan cita rasa jeruk kalamansi yang segar dapat membantu menghilangkan kelelahan.


Membantu Membersihkan Saluran Pernafasan

Jeruk kalamansi konon sudah digunakan sejak lama sebagai salah satu tanaman obat tradisional untuk mengatasi batuk. Dalam beberapa riset membuktukan air perasan jeruk kalamansi dapat mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan dari tenggorokan dan dapat melegakan saluran pernafasan.


Merangsang Pembentukan Kolagen

Kolagen memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh, diantaranya untuk menyamarkan kerutan, menjaga elastisitas kulit serta mempercepat penyembuhan luka. Kolagen juga merupakan bahan dasar untuk pembentukan jaringan tubuh, seperti kulit, otot, jaringan ikat, pembuluh darah, dan tulang. Vitamin C membantu proses pembentukan kolagen secara alami.