top of page
  • Novi Amaliyah

6 Manfaat Kesehatan Lengkuas


Lengkuas, salah satu bumbu yang ditambahkan dalam masakan di Indonesia juga di Asia. Selain memberikan aroma yang khas pada masakan, lengkuas juga menyimpan manfaat kesehatan. Tanaman rimpang ini telah digunakan selama berabad-abad sebagai tanaman obat dalam pengobatan Ayurveda dan Tiongkok.


Lengkuas mengandung banyak senyawa penting seperti seperti galangin, asam felonik, polifenol dan flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya untuk mengurangi inflamasi, meningkatkan kesuburan pria hingga melawan beberapa jenis kanker. Berikut beberapa manfaat kesehatan lengkuas bagi kesehatan seperti dilansir Healthline.


Mengurangi Risiko Jenis Kanker Tertentu

Penelitian dalam tabung percobaan menunjukkan bahwa kandungan galangin pada lengkuas terbukti mampu membunuh sel kanker atau mencegah sel kanker menyebar, khususnya kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker kulit. Kandungan antioksidan dalam lengkuas juga dapat melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan oksidatif pada jaringan tubuh dan memicu berbagai macam penyakit, termasuk penyakit kanker.


Mengurangi Peradangan dan Nyeri Sendi

Lengkuas diduga dapat mengurangi peradangan dan nyeri sendi, misalnya pada kasus osteoarthritis atau rheumatoid arthritis. Sama seperti dengan jahe dan kunyit lengkuas mengandung senyawa kimia antiradang yang dapat membantu meredakan peradangan penyebab nyeri sendi.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada penderita osteartitits lutut juga menunjukan konsumsi ekstrak jahe dan lengkuas setiap hari dapat meredakan nyeri lutut yang muncul saat berdiri. Namun, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek antinyeri lengkuas sendiri.


Melindungi Dari Infeksi

Minyak atsiri yang diekstrak dari akar lengkuas dapat melawan berbagai mikroorganisme. Penelitian tabung menunjukkan bahwa lengkuas dapat membunuh bakteri berbahaya, termasuk E. coli, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella Typhi, meskipun efektivitasnya tampaknya bervariasi di antara penelitian.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Konsumsi lengkuas diyakini dapat meningkatkan kesuburan pria. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 3 bulan kepada pria dengan kualitas sperma yang kurang baik menunjukkan dengan konsumsi suplemen yang mengandung lengkuas dapat membantu meningkatan kualitas sperma. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan karena pada penelitan ini tidak murni menggunakan lengkuas saja, tapi juga menggunakan tambahan buah delima.


Mengatasi Gangguan Pernapasan

Kandungan minyak atsiri yang terkandung di dalam lengkuas dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan pernapasan yang dialami anak seperti bronkitis, rhinitis, batuk rejan dan infeksi tenggorokan.


Menurunkan Kadar Gula dan Kolesterol

Konsumsi lengkuas juga dipercaya dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2 dan jantung. Manfaat kesehatan ini mungkin diperoleh karena kandungan antioksidan polifenol yang dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol jahat dalam tubuh.


bottom of page