• Novi Amaliyah

7 Manfaat Kesehatan Buah Merah Papua


Buah Merah
Buah merah khas Papua yang mengandung banyak manfaat kesehatan

Buah merah, salah satu buah asli Papua ini sudah tidak asing lagi dengan manfaat kesehatan yang dikandungnya. Buah yang juga dikenal dengan sebutan buah ajaib bagi orang Papua Orang Papua biasa menyebutnya buah ajaib, ini karena buah ini berdasarkan berbagai penelitian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.


Tanaman dengan nama latin Pandanus Conoideus ini mengandung berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh kita seperti kaya antioksidan, asam lemak (omega 3 dan omega 9), dan berbagai vitamin, tokoferol, dan juga karoten di dalamnya. Berikut 7 Manfaat Kesehatan Buah Merah Papua


Mencegah kanker

Antioksidan yang terdapat pada buah merah sangat tinggi. Bayangkan saja, kandungan tokoferol di dalam buah merah mencapai 11.000 ppm dan karoten sebesar 7.000 ppm. Kedua jenis senyawa tersebut bersifat anti oksidan. Tak heran, buah merah diburu banyak orang, terutama penderita kanker. Antioksidan terbukti efektif melawan radikal bebas yang membuat sel menjadi kanker.


Mencegah regulasi

Beberapa penelitian juga telah mencoba membuktikan khasiat buah merah ini untuk mengobati masalah perdagangan, terutama radang usus. Beberapa hasilnya memuaskan bahkan dapat mencegah berkembangnya radang usus menjadi kanker usus besar.


Menghilangkan kolesterol

Di dalam tubuh kita terdapat beberapa jenis kolesterol yaitu HDL, LDL, dan trigliserida. LDL dan Trigliserida dalam jumlah tertentu memiliki sifat merusak atau buruk yang disebut kolesterol jahat. Khasiat buah merah untuk kesehatan dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah secara signifikan.

Mencegah diabetes

Tokoferol telah terbukti meningkatkan kinerja pankreas. Pankreas merupakan organ yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah. Ketidakstabilan kadar gula darah membuat seseorang mengalami diabetes.


Mencegah tekanan darah tinggi

Kandungan buah merah bekerja dengan cara mengencerkan darah sehingga masalah seperti tekanan darah tinggi dapat dihindari. Jika seseorang memiliki kolesterol darah yang tinggi maka berpotensi mengalami tekanan darah tinggi, konsumsi buah merah bisa menjadi alternatif solusi alami untuk mengurangi tekanan darah tinggi.


Menjaga kesehatan mata

Kandungan betakaroten yang cukup tinggi pada buah merah, sangat baik untuk kesehatan mata secara umum. Hal inilah yang menyebabkan kesehatan masyarakat Papua secara umum lebih baik dari yang lain karena salah satunya gemar mengkonsumsi buah merah.


Mencegah hepatitis B

Jenis hepatitis ini disebabkan oleh infeksi virus. Buah merah yang kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-9 juga memiliki fungsi anti virus. Cara kerjanya adalah dengan menghambat pembentukan membran lipid virus sehingga virus tidak dapat berkembang biak dengan baik. Hal inilah yang menjadikan buah merah sebagai makanan tradisional yang dapat mengobati dan mencegah penyakit hepatitis B seperti hepatitis irishmoss. Di Papua biasanya buah merah langsung dikonsumsi, yaitu dengan memotongnya kecil-kecil dan langsung memakannya. Namun ada juga yang direbus atau dipanggang terlebih dahulu. Biji dan ampasnya juga bisa digiling dan dicampur menjadi satu lalu disaring hingga menghasilkan cairan yang kental. Saat ini ekstrak buahnya juga dapat digunakan sebagai penyedap makanan atau pewarna merah alami makanan.