• Novi Amaliyah

7 Manfaat Kesehatan Pepaya Muda


Papaya muda ternyata mengandung banyak manfaat kesehatan
Papaya muda ternyata mengandung banyak manfaat kesehatan

Buah pepaya, baik yang matang maupun yang mentah, keduanya bergizi dan memiliki banyak manfaat luar biasa untuk kesehatan. Buah satu ini kaya dengan berbagai vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya. Buah pepaya terkenal akan keampuhannya untuk membantu melancarkan pencernaan.

Faktanya, tidak semua orang tahu jika buah pepaya hijau juga memiliki manfaat kesehatan yang tak kalah hebat dengan pepaya matang. Saat buah pepaya mentah atau hijau, sarat dengan serat serta memiliki kemampuan membuang racun dalam tubuh. Jerawat, noda dan bahkan pigmentasi pada kulit dapat diobati dengan pepaya hijau. Selain itu saluran pencernaan juga bisa lebih optimal. Apa saja manfaat kesehatan dari pepaya hijau, berikut 7 manfaat kesehatan yang mengejutkan dari pepaya hijau seperti dikutip dari berbagai sumber. 1. Membantu Melancarkan Pencernaan Tidak hanya buah yang sudah matang, pepaya hijau juga bermanfaat untuk membantu pencernaan. Buah pepaya Ini membantu membersihkan tubuh serta mengoptimalkan pencernaan karena memiliki enzim papain. Enzim yang membantu dalam meningkatkan sekresi asam lambung. Nutrisi ini juga membantu bakteri baik di usus bekerja lebih baik untuk membersihkan racun di dalam pencernaan. Selain itu, buah pepaya hijau juga bertindak sebagai pencahar alami yang membantu mengurangi sembelit. Oleh karena itu, buah satu ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif pengobatan alami yang efektif untuk masalah pencernaan dan perut, seperti hyperacidity dan disentri. 2. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan pada Kulit Saat tubuh terlalu banyak terpapar racun radikal bebas, kita akan cenderung terkena beberapa penyakit seperti jerawat kulit dan penuaan dini. Untungnya, buah pepaya hijau dapat memberikan perlindungan terhadap masalah tersebut. Kulit buah pepaya hijau kaya akan senyawa polifenol dengan antioksidan tingi Senyawa ini menawarkan perlindungan terhadap kerusakan oksidatif. Kandungan antioksidan dalam pepaya hijau dapat membantu mengencangkan kulit dan mengurangi kerutan. Selain itu, buah pepaya hijau juga kaya akan vitamin, seperti vitamin A, C, dan E yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.


3. Membantu Mengurangi Nyeri Menstruasi Pepaya hijau memiliki sifat stimulan rahim yang digunakan untuk menginduksi menstruasi pada wanita. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya hijau mampu mengurangi nyeri haid dan kadar prostaglandin. Selain itu kandungan Flavonoid di dalamnya juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu menghambat enzim siklooksigenase. Ketika enzim ini dihambat, maka akan mengurangi rasa sakit yang memediasi prostaglandin. Itulah mengapa buah pepaya hijau sangat bagus dan efektif sebagai alternatif untuk mengurangi nyeri haid dan kram. 4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Buah pepaya hijau memiliki kandungan asam folat yang membantu mengubah homosistein menjadi asam amino. Tingkat homosistein yang tinggi dapat menimbulkan risiko potensial dalam merusak dinding pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung atau stroke. Kandungan ini membantu mengendalikan kadar homosistein dalam tubuh dengan memecahnya menjadi asam amino. Sehingga risiko kerusakan pada pembuluh darah bisa berkurang. Ekstrak pepaya hijau juga dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah. Karena mengandung fibrin yang mampu meningkatkan aliran darah dan mengurangi risiko pembentukan bekuan darah. 5. Membantu Penyembuhan Luka Buah pepaya hijau dikenal sebagai salah satu zat yang paling efektif digunakan dalam perawatan luka. Ini dikarenakan memiliki kandungan zat fitokimia yang memiliki sifat anti-inflamasi. Dimana bekerja membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Sifat penyembuhan pepaya hijau berasal dari kandungan papain dan chymopapain. Kedua enzim ini memberikan efek perlindungan ulkus.


6. Membantu Menurunkan Berat Badan Buah pepaya hijau kaya akan kandungan vitamin, seperti vitamin A dan E dan baik salah satu buah yang baik untuk membantu program penurunan berat badan karena kaya akan serat. Serat membantu kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil.

7. Meningkatkan Laktasi pada Ibu Menyusui Buah pepaya hijau memiliki senyawa yang dapat mempengaruhi estrogen, hormon wanita. Oleh karena itu, disarankan bagi ibu baru untuk meningkatkan laktasi dengan mengkonsumsi buah pepaya hijau. Namun belum diketahui secara pasti apakah buah pepaya benar-benar aman dikonsumsi selama kehamilan. Karena ada penelitian yang menunjukkan bahwa zat lateks dalam pepaya hijau dapat menyebabkan kontraksi rahim. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi.