• Novi Amaliyah

8 Jenis Keju Untuk Membuat Sajian Keju Leleh


Meski bukan sebagai negara penghasil keju uniknya, keju menjadi salah satu makanan yang menjadi favorit. Bahkan, beberapa tahun belakangan trend makanan dengan paduan keju leleh menjadi buruan pecinta kuliner. tengah menjadi favorit orang Indonesia. Sajian dengan keju leleh adalah salah satu sajian populer di Eropa. Di Swiss, hidangan keju leleh sangat populer disajikan di saat musim dingin tiba.


Keju yang biasa digunakan adalah keju raclette. Keju ini merupakan keju yang menggunakan susu sapi sebagai bahan bakunya. Raclette memiliki tekstur semi-firm yang biasa disajikan dengan dilelehkan. Raclette berasal dari akar kata bahasa Perancis rackler, yang berarti to scrape dalam bahasa Inggris.


Selain di Swiss, sajian ini juga menjadi makanan khas Perancis yang lebih dikenal dengan fondue. Kata fondue sendiri berasal dari bahasa Perancis fondre yang memiliki arti melelehkan. Biasanya cheese fondue dinikmati dengan potongan sayur-sayuran segar atau yang sudah dimasak sebelumnya seperti wortel atau brokoli, buah apel, kentang panggang, roti, daging sapi ataupun dimakan begitu saja.


Resep fondue pertama kali tercatat dari sebuah buku terbitan 1699 di Zurich yang berjudul Käss mit Wein zu kochen yang berarti Memasak Keju Dengan Wine. Sajian ini juga menjadi makanan nasional Swiss. Untuk mendapatkan sajian keju leleh yang sempurna dan nikmat kamu harus memilih jenis keju yang tepat juga sesuaikan dengan selera. Berikut 8 jenis keju yang bisa kamu pilih untuk membuat sajian untuk keju leleh. Selamat mencoba.


Fontina

Keju dari Italia satu ini bisa bercitarasa mirip butter dengan sedikit fruity. Keju Fontina Val d’Aosta, berasal dari Lembah Aosta Italia, memiliki tekstur yang lebih kencang, lebih tajam, dan nuttier (dan selalu terbuat dari susu mentah). Jangan lupa untuk membuang lapisan pembungkus keju yang mudah meleleh ini. Keju Havarti dari Denmark dan Gouda dari Belanda bisa menjadi alternatif lain jika tidak menemukan keju Fontina.


Gouda

Biasanya keju Gouda memiliki tingkat keasaman yang lebih rendah dibanding dengan keju

lainnya, karena adanya proses pencucian keju dengan air hangat. Gouda memiliki profil rasa

lebih manis dan tekstur lembut dan kenyal. Gouda muda meleleh dengan baik, sedangkan

jenis yang lebih muda sering memiliki lapisan lilin merah sebagai penanda.


Asiago

Keju Asiago Italia terbagi dalam dua jenis yaitu, pressato atau fresco keju muda ini memiliki

tekstur yang halus, dan keras. Sedangkan jenis kedua, d'allevo atau vecchio merupakan keju tua, kering, dan mirip Parmesan yang lebih cocok sebagai keju yang diparut. Jika ingin keju yang mudah dilelehkan pilih Pressato. Alternatif yang baik untuk keju ini bisa memilih Monterey Jack dan Colby.


Taleggio

Taleggio ini keju semi soft yang mengalami proses pencucian dalam air garam selama proses

penuaannya. Keju Taleggio biasanya disimpan di gua-gua di wilayah Lombardy Italia. Hasilnya bagian luar keju memiliki aroma yang tajam, citarasa asin, nutty, gurih dan sedikit bau khas keju tua.


Reblochon

Beberapa keju bergaya reblochon Perancis ini dikenal dengan citarasa buttery dan sedikit aroma fruity yang tajam. French Preferes des Montagnes menjadi keju yang sempurna untuk membuat sajian hangat tradisional yang dikenal sebagai tartiflette. Robiola Bosina dari Italia, keju dengan tekstur seperti puding, bisa menjadi keju pengganti yang baik untuk Reblochon. Brie juga bisa menjadi pilihan jika kamu lebih suka citarasa yang lebih ringan.


Provolone

Provolone dibuat dengan menggunakan teknik yang disebut pasta filata, atau lapisan kepala susu pada saat pembuatan keju yang ditarik. Keju ini juga melunak saat dikunyah. Untuk citarasa yang lebih kuat bisa menggunakan provolone tua dari jenis Auricchio atau BelGioioso Wisconsin.


Mozzarella

Keju satu ini sangat populer digunakan sebagai topping pizza. Untuk citarasa terbaik, pilih

mozzarella segar yang idealnya dikemas dalam air.


Gruyere

Keju dari Swiss ini terbuat dari susu sapi mentah yang merumput di bukit Swiss Barat. Keju

Gruyere adalah jenis keju yang sempurna digunakan sebagai keju leleh. Keju ini juga bisa dibuat untuk membuat sup bawang klasik Perancis dan fondue keju. Berkat teksturnya yang sangat halus sehingga mudah meleleh.

© 2019 yukmakan channel