• Novi Amaliyah

8 Keju Khas Timur Tengah


Keju halloumi disajikan dengan aneka sayuran panggang

Benua Eropa memang dikenal sebagai penghasil beragam jenis keju. Keju bahkan menjadi kekayaan kuliner masing-masing negara di benua biru. Tetapi jangan lupa jika kelezatan produk susu mungkin berasal dari Timur Tengah dimana penggembala kambing nomaden yang sudah menjadi budaya turun temurun.


Tidak ada yang tahu pasti dari mana asal mulanya keju di Timur Tengah, namun sejarah menunjukkan bukti di wilayah ini setidaknya keju sudah ada sejak 4.000 tahun yang lalu. Varietas keju modern di Timur Tengah menggunakan susu domba, kambing atau sapi, dan sementara beberapa menyerupai dengan keju Eropa. Ada banyak varietas keju khas Timur Tengah yang dikembangkan dengan ciri khas mereka sendiri. Apa saja, berikut 8 keju khas Timur Tengah yang bisa kamu coba.


Feta

Feta dianggap sebagai salah satu varietas keju tertua di dunia. Berasal dari Yunani, keju feta juga sering ditemukan dalam hidangan Timur Tengah modern. Keju tua tapi lembut yang terbuat dari susu domba atau kambing. Kualitas terbaik keju satu ini mungkin adalah serbaguna dipadukan dalam berbagai sajian. Dalam masakan Timur Tengah, feta menghiasi segala sajian mulai dari salad hingga makanan penutup. Keju ini juga tetap nikmat jika langsung disantap.


Labneh

Keju krim lembut yang terbuat dari yogurt yang disaring, labneh mudah dibuat di rumah dan lebih rendah kalori daripada cream cheese Amerika. Keju ini bisa dijadikan sebagai olesan di atas bagel maupun roti atau sebagai saus untuk buah dan sayuran favorit. Bisa juga dipadukan dengan telur dadar.


Ackawi

Ackawi, keju yang terbuat dari susu sapi, berasal dari wilayah Aker di Palestina. Keju berwarna putih dengan tekstur yang halus dan agak kenyal ini memiliki rasa yang ringan dan asin. Keju ini biasanya dinikmati Bersama aneka potongan buah segar.


Nabulsi

Keju brined semi-keras yang biasanya dibuat dari susu domba atau kambing, nabulsi berasal dari Palestina dan sekitarnya. Biasanya bertabur biji jintan hitam. Nabulsi sering digunakan sebagai keju meja dan merupakan bahan utama kue katayef.


Jibneh Arabieh

Keju agak keras namun lembut ini sangat umum ditemukan di Mesir, jibneh arabieh awalnya diproduksi menggunakan susu kambing atau domba, tetapi saat ini dibuat dengan susu sapi. Keju ini biasa dipadukan di berbagai sajian khas Mesir dan sebagai keju meja siap pakai.


Testouri

Keju unik karena berbentuk seperti jeruk, testouri berasal dari Mesir dan dimakan dengan sedikit garam. Keju ini terbuat dari susu kambing atau domba.


Halloumi

Halloumi, dibuat dari campuran susu kambing dan susu domba, tampilannya menyerupai mozzarella. Titik leleh yang tinggi memungkinkan keju ini untuk digoreng atau dipanggang tanpa kehilangan gigitannya yang padat. Halloumi sering dipasangkan dengan salad dan buah-buahan, terutama semangka.


Shanklish

Shanklish adalah keju yang umum yang biasa dijumpai di Suriah dan Lebanon. Keju ini terbuat dari susu domba atau sapi. Biasanya dibentuk menjadi bola, kemudian dibiarkan mengering dan menua. Keju bisa dimakan dalam keadaan segar atau sudah tua. Keju segar memiliki rasa yang ringan dengan tekstur lembut, sedangkan shanklish tua yang lebih keras memiliki bau yang menyengat.