• Novi Amaliyah

8 Khasiat Cabai Rawit Untuk Kesehatan Yang Jarang Orang Ketahui


cabai rawit
Tak hanya memberikan citarasa pedas, cabai rawit juga memiliki khasiat kesehatan

Sebagai penikmat makanan pedas, cabai rawit adalah salah satu bahan yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya memberikan citarasa, cabai rawit juga dapat membangkitkan selera makan jadi lebih nikmat. Cabai rawit adalah salah satu bahan yang tidak bisa dipisahkan dari kuliner Asia. Meski menjadi salah satu bahan makanan yang khas dalam kuliner Asia, cabai adalah tanaman yang berasal dari Meksiko.

Selain memberikan citarasa pedas, ternyata cabai rawit juga menyimpan khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Diantaranya dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan penyakit jantung . Berikut 8 khasiat cabai rawit untuk kesehatan yang orang belum banyak ketahui seperti dilansir dari Healthline dan berbagai sumber.


Membantu Penurunan Berat Badan

Cabai rawit dikenal memiliki karakteristik untuk membantu penurunan berat badan. Cabai rawit memilkiki kandungan yang dapat mengambil peran penting dalam memperluas metabolisme tubuh. Dimana kandungan di dalam cabai rawit yang dapat menciptakan suhu panas internal akan meningkat. Untuk mengembalikan tubuh ke suhu semula, tubuh akan mengonsumsi lebih banyak kalori, sehingga mempercepat laju metabolisme. Metabolisme yang diperluas berguna dan akan meningkatkan penggunaan lemak yang tidak terpakai yang disimpan di berbagai bagian tubuh. Peningkatan metabolisme menghasilkan lebih banyak keringat dan selanjutnya menghasilkan penurunan berat badan. Metabolisme yang cepat, pencernaan yang tepat, dan pembuangan limbah dapat mengurangi kemungkinan agregasi lemak dalam tubuh.


Membantu Masalah Pencernaan

Bagi yang mengalami masalah pencernaan, bisa mulai mencoba menambahkan konsusmi cabai rawit. Sudah menjadi fakta umum bahwa cabai rawit membantu meningkatkan pencernaan dengan meningkatkan aliran produksi enzim dan juga asam lambung. Cabai rawit mengandung zat yang dapat membantu memicu pencernaan dan pembuangan dalam tubuh melalui dorongan gerakan peristaltik lambung.


Menurunkan Tekanan Darah

Zat yang ditemukan dalam cabai rawit seperti magnesium, potasium, dan kalsium membantu mengurangi dan mengarahkan tekanan darah pada individu. Berbagai zat atau senyawa yang terdapat dalam cabai rawit juga termasuk kolin dan lutein namun ketiga mineral yang disebutkan di atas adalah zat teratas yang digunakan individu secara rutin dalam konsumsi.


Mengobati Infeksi

Sifat anti-jamur yang terdapat di dalam cabai rawit ternyata juga dapat mengobati infeksi, yang dapat mencegah penyakit berbasis infeksi lebih lanjut.


Sebagai Obat Alami

Cabai rawit sudah dimanfaatkan sebagai obat alami lami pada zaman dahulu. Cabai rawit digunakan sebagai solusi alami untuk berbagai kondisi medis, termasuk nyeri sendi, sakit gigi, dan kekakuan. Ini karena kandungan capsaicin di dalamnya.


Mengandung Kandungan Anti Kanker

Cabai rawit juga memiliki kandungan yang bersifat Anti-Kanker Cabai rawit mengantisipasi kehadiran sel kanker dengan menghilangkannya dari tubuh tanpa mengambil risiko dengan sel-sel sehat. Ini dikarenakan kandungan capsaicin.


Membuat Tidur Lebih Baik

Cabai rawit tidak hanya akan membantu untuk membuat tidur menjadi berkualitas tapi juga dapat membantu untuk tidur lebih lama. Seperti dalam temuan yang diungkapkan oleh peneliti dari Universitas of Tasmania dimana dijelaskan orang yang rutin mengasup makanan pedas lebih mudah tidur. Mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.


Melawan Stroke

Khasiat cabai rawit dalam mengembangkan aliran darah juga menawarkan cara untuk membatasi risiko stroke, yang dipicu oleh penyumbatan pembuluh darah dan pembekuan darah di otak.