• Novi Amaliyah

8 Manfaat Kesehatan Makan Bawang Putih Mentah Yang Jarang Orang Ketahui


Bawang putih dikenal sebagai antibiotik alami yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan
Bawang putih dikenal sebagai antibiotik alami yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan

Ada banyak hasil penelitian ilmiah mengenai banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari bawang putih. Bagi sebagian orang, bawang putih mungkin bukan salah satu makanan favaorit karena aromanya yang khas. Selain memiliki rasa dan aroma yang unik dan cukup menyengat. Bawang putih adalah anggota keluarga bawang merah yang mengandung senyawa belerang kuat yang disebut allicin. Allicin dalam bawang putih merupakan zat antioksidan tinggi dan memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Tidak heran, bawang putih digunakan dalam berbagai macam produk, termasuk ekstrak, minyak, bubuk, dan bawang putih segar mentah atau dimasak. Bawang putih juga populer untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan beberapa peneliti kanker telah memperhatikan keampuhannya. Manfaat kesehatan dari minyak bawang putih. Biasanya bawang putih digunakan dalam berbagai bumbu masakan yang digunakan dalam bentuk maupun segar. Namun bagi yang ingin mencoba manfaat lebih dari bawang putih juga bisa mengonsumsinya mentah-mentah. Berikut 8 manfaat kesehatan

mengonsumsi bawang putih mentah seperti dilansir Healthline.

1. Meningkatkan Kekebalan Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi peradangan. Selain itu, juga membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi dan senyawa yang mengandung belerang yang disebut allicin. 2. Mengurangi Tekanan Darah Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, senyawa aktif dalam bawang putih juga mampu menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Ini juga membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh hipertensi, seperti serangan jantung dan stroke. 3. Meningkatkan Kinerja Fisik Jika sering mengalami kelelahan setelah bekerja, bisa mengonsumsi bawang putih sebagai obat alami untuk meningkatkan kesehatan fisik. Bawang putih dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan kinerja atletik serta kapasitas fisik. Pada zaman kuno,bawang putih digunakan oleh buruh dan atlet Olimpiade di Yunani kuno untuk meningkatkan kinerja fisik mereka.


4. Detoksifikasi Logam Berat dalam Tubuh

Senyawa belerang dalam bawang putih, terutama bila dikonsumsi dalam dosis tinggi, terbukti dapat melawan toksisitas logam berat. Ada beberapa cara lain untuk detoksifikasi tubuh selain mengonsumsi bawang putih bisa juga dengan mengonsumsi jus apel dan mentimun.


5. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah puasa dapat diturunkan dengan mengonsumsi bawang putih baik pada penderita diabetes maupun tanpa diabetes. Mengkonsumsi bawang putih mentah efektif pada pasien diabetes, terutama mereka yang mengkonsumsinya lebih dari 3 bulan. Sifat anti-inflamasi dalam bawang putih membantu aliran darah lebih mudah ke seluruh tubuh. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa tekanan darah partisipan diturunkan 10% ketika mereka mengonsumsi suplemen bawang putih.


6. Mengurangi Tingkat Kolesterol

Tidak hanya kadar gula, bawang putih juga membantu menurunkan kadar kolesterol. Akibatnya, itu juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Namun, menurunkan kadar kolesterol tidak bisa dilakukan hanya dengan mengonsumsi bawang putih. Butuh komitmen dan tidak instan karena butuh beberapa saat untuk merasakan manfaat bawang putih.


7. Mengatasi Pilek dan Flu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mengkonsumsi bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh diperkuat, maka tingkat keparahan dan lamanya gejala pilek dan flu dapat dikurangi.


8. Membantu Meningkatkan Tulang Lebih Kuat

Menambahkan konsumsi harian bawang putih dapat membantu untuk mengurangi risiko terkena osteoporosis dan osteoartritis. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengurangi keropos tulang karena meningkatkan estrogen pada wanita.