• Maria Yuliana Kusrini

8 Olahan Daging Sapi & Kambing Favorit Sepanjang Masa Idul Adha

Hari Raya Idul Adha biasanya juga disebut sebagai Hari Kurban. Pada kesempatan ini, umat Muslim akan memberikan kurban berupa sapi, kambing, atau domba. Hewan yang dikurbankan itu pun biasanya akan dibagi-bagikan pada masyarakat, khususnya bagi masyarakat kurang mampu. Tak heran, di moment Idul Adha biasanya akan terlihat tiap keluarga di rumah akan menghidangkan aneka menu yang menjadikan daging sapi atau kambing sebagai bahan utamanya. Dan dari sekian banyak pilihan menu yang ada, berikut ini olahan daging yang paling sering atau dijadikan favorit semasa Idul Adha.



1. Sate

Menu inilah yang pastinya paling sering muncul di moment Idul Adha. Selain praktis dan mudah dibuatnya, proses pembuatan sate juga terasa mengakrabkan kebersamaan antar keluarga. Biasanya, seluruh keluarga akan kompak dalam mempersiapkan dan membuat menu sate ini. Dari proses membersihkan dagingnya, memotong, menyiapkan bumbu, membumbui daging, hingga proses membakarnya. Sate sendiri juga hanya membutuhkan bumbu yang simpel, seperti kecap, bawang putih, bawang merah, cabai, garam, hingga jeruk nipis.


2. Gule atau Gulai

Selain sate, ada juga yang menjadikan daging sapi atau kambing menjadi menu bernama gule atau gulai. Hidangan yang satu ini menggunakan banyak bumbu rempah dan juga tambahan santan sebagai kuahnya. Bumbu yang digunakan antara lain bawang putih, bawnag merah, daun jeruk, salam, serai, cengkeh, kayu manis, kemiri, dan lainnya. Tak heran citarasa gurih berempah pasti akan langsung terasa pada hidangan nikmat satu ini.


3. Tongseng

Menu tongseng ternyata juga begitu digemari oleh keluarga Indonesia. Mirip dengan sajian bernama gule atau gulai, tongseng juga menjadikan daging sapi atau kambing yang dipotong-potong. Tongseng ini biasanya menambahkan potongan kubis dan tomat sebagai campuran dari dagingnya. Bumbunya pun sederhana saja, yakni bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit. Untuk kuahnya, tongseng ada dua jenis berbeda, yakni tongseng yang menggunakan kuah santan (gule/gulai) dan ada juga yang hanya menggunakan kuah dari air biasa yang diberi kecap manis.


4. Sop

Ingin menikmati olahan daging hangat berempah dengan kuah bening. Maka bisa menjadikan sop daging sebagai pilihannya. Tak hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa, menu satu ini juga bisa menjadi santapan untuk anak-anak. Kuah bening, encer, dan hangat itu dibumbui dengan aneka rempah yang terasa menghangatkan tenggorokan. Mulai dari bawang putih, bawang merah, pala, hingga lada atau merica. Tambahan sayuran seperti wortel, kentang, tomat, brokoli, hingga buncis akan menambah kenikmatan dari menu satu ini.



5. Rendang

Hidangan Indonesia yang diakui kelezatannya di dunia ini juga sering dijadikan hidangan favorit saat ada daging sapi di rumah. Meski selalu identik dan dijadikan salah satu menu wajib saat Idul Fitri, nyatanya saat Idul Adha pun, banyak yang membuat menu rendang ini. Meski proses pembuatannya yang memakan waktu lama serta penggunaan bumbu rempah yang super banyak, tapi tetap saja rendang jadi favorit. Citarasanya yang lezat memang sulit untuk ditolak oleh siapa pun.


6. Oseng Daging

Tak mau ribet-ribet, olahan daging sapi atau kambing yang ada di rumah pun dimasak oseng. Proses pemasakan ini terbilang sangat simpel dan cepat. Daging yang sudah dibersihkan, kemudian dipotong kecil-kecil atau sesuai selera. Kemudian dimasak dengan cara dioseng atau ditumis dengan menggunakan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Bumbunya hanya garam, merica, dan gula pasir saja, tapi ada juga yang menambahkannya dengan kecap manis dan saus lainnya. Meski sangat mudah dan cepat, menu ini tetap memiliki citarasa nikmat yang begitu memanjakan lidah.


7. Tengkleng

Bagi yang tak hanya mendapatkan bagian dagingnya saja, tetapi juga mendapatkan tulang biasanya bingung ingin dibuat masakan apa. Selain bisa dijadikan kaldu atau sop, tulang yang masih ada sedikit daging menempel juga bisa diolah menjadi sajian bernama tengkleng. Sebagai salah satu masakan khas Solo, Jawa Tengah, sajian ini diolah dengan menggunakan banyak rempah. Rasanya pun lezat, sekilas menyerupai tongseng atau gule.


8. Semur

Olahan bercitarasa manis dengan kuah berwarna gelap ini juga cukup digemari. Penggunaan kecap manis dan gula merah menjadi kunci dari masakan yang punya citarasa cenderung manis ini. Selain mudah dibuat, semur juga menggunakan aneka bumbu yang biasanya selalu tersedia di dapur. Mulai dari bawang putih, bawang merah, merica, pala, hingga garam. Untuk menambah nikmat, selain menggunakan daging sapi juga bisa menggunakan kentang ataupun telur.