• Novi Amaliyah

8 Tips Makan Sehat Tanpa Harus Menguras Dompet


Tahun baru, resolusi baru untuk menjalankan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat. Ada banyak anggapan makanan sehat identik makanan mahal dan seringnya menguras isi dompet. Apalagi di situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini, kita dituntut untuk pandai-pandai membelanjakan uang dengan bijak.

Jadi bagaimana caranya bisa merealisasikan resolusi untuk mengonsumsi makanan sehat tanpa harus menguras dompet, yuk coba 8 tips praktis makan sehat tanpa harus mahal.


Menyusun Menu

Pertama yang bisa dilakukan mulailah dengan membuat perencanaan menu selama seminggu. Buat daftar bahan-bahan yang dibutuhkan dan periksa Kembali ketersediaan bahan-bahan tersebut di dapur. Ini berguna untuk menghindari pembelian bahan makanan yang belum dibutuhkan serta jumlah stok yang berlebih. Pastikan bahan-bahan makanan yang hampir kadaluarsa. Perencanaan ini dapat membantu mengurangi kebiasaan belanja berlebihan yang berakhir pembuangan bahan makanan karena kadaluarsa atau rusak karena penyimpanan yang kurang baik.


Membeli Sesuai Dengan Daftar Belanja

Saat di supermarket terkadang mudah sekali tergiur untuk membeli bahan makanan yang beragam belum lagi tergoda karena potongan harga. Jadi saat berbelanja, belilah bahan makanan yang sudah tertulis dalam daftar belanja. Jadwalkan waktu berbelanja, hindari berbelanja saat perut kosong atau lapar karena bisa berefek pada pembelian impulsif yang tidak sehat dan cenderung boros.


Hati-hati Dengan Diskon

Meskipun penting untuk tetap berpegang pada daftar belanja, perhatikan penawaran khusus yang memang menguntungkan dan beli secukupnya. Jika poin belanja bisa digunakan untuk mendapatkan potongan belanja, gunakan poin untuk membeli makanan sehat yang dibutuhkan.


Belanja Sesuai Dengan Musim Panen

Untuk buah-buahan berbelanjalah sesuai dengan buah yang sedang musim karena biasanya harganya jauh lebih murah dibanding hari-hari biasa.


Berbelanja Di Toko Grosir

Beberapa tahun belakangan toko bahan makanan yang hadir dengan konsep grosir. Dimana pembeli bisa membeli sejumlah item bahan makanan sesuai kebutuhan untuk menghindari food waste. Selain bisa berhemat, berbelanja di toko grosir juga akan membantu stok bahan makanan tetap segar.


Beli Daging Murah

Saat berbelanja daging sapi atau daging ayam, pilihlah bagian-bagian yang lebih murah namun tetap berkualitas. Seperti dada ayam diganti dengan paha ayam, kamu cukup membuang bagian lemak dan kulitnya agar lebih sehat. Cobalah sesekali dalam seminggu ada hari di mana puasa mengonsumsi daging dan mengganti dengan konsumsi protein nabati dari kacang-kacangan dan perbanyak konsumsi sayur dan buah.


Atur Dapur

Beri label pada setiap bahan makanan yang akan disimpan dalam lemari pendingin sehingga bisa terpantau kapan bahan makanan tersebut menjadi prioritas untuk dimasak. Pengaturan dapur dan penyimpanan dan makanan akan membantu bahan makanan terbuang percuma karena kadaluarsa atau penyimpanan yang kurang baik.


Masak di Rumah

Tak ada yang lebih enak dan sehat dari makanan yang dimasak di rumah. Dengan memasak di rumah kita tahu bahan-bahan apa saja yang dimasak dalam makanan mulai dari penggunaan jenis lemak, kadar garam, gula hingga penyedap rasa apalagi jika kamu tengah mengurangi beberapa asupan gula, garam maupun penyedap rasa. Memasak juga membantu pengeluaran untuk makanan jadi lebih hemat dibanding harus makan di luar. Sesekali bolehlah makan di luar sebagai hiburan.