• Novi Amaliyah

8 Tips Sukses Membuat Ayam Tepung Krispi


ayam goreng tepung krispy
Ayam goreng tepung krispi

Ayam goreng tepung atau ayam panggang tepung krispi adalah salah satu makanan yang disukai banyak orang. Bagaimana tidak teksturnya yang garing di luar dan lembut serta juicy di bagian dalamnya. Selain bisa dibuat dengan bumbu original yang sederhana kamu juga bisa menambahkan bumbu rempah sesuai selera. Namun selain bumbu yang meresap sempurna kunci penting lainnya membuat ayam goreng tepung krispi ini adalah bagaimana seluruh permukaan ayam berbalut tepung yang garing dan renyah. Jadi saat digigit sensasi kriuk inilah yang diharapkan.

Meski terlihat sederhana ada langkah-langkah praktis yang perlu diperhatikan untuk membalut daging ayam dengan tepung sehingga menghasilkan tekstur kriuk. Berikut tips sukses membuat ayam tepung krispi.

  1. Langkah dasar membuat ayam tepung krispi tiga langkah. Dimana sebelum dibalur dengan tepung, pastikan ayam dalam keadaan kering sempurna, gunakan tisu dapur atau handuk kering khusus untuk mengurangi kadar air.

  2. Kemudian, gulingkan ayam dalam tepung bumbu, kemudian kibaskan. Setelah itu, celupkan ayam yang sudah ditaburi tepung ke dalam kocokan telur (bisa juga telur kocok ditambah sedikit susu atau air dingin).

  3. Gulingkan ayam yang sudah dilapisi telur ke dalam tepung roti dan pastikan semua bagian terlapis sempurna.

  4. Agar bumbu meresap, pastikan membumbui daging ayam terlebih dulu, atau bisa juga mencampurkan bumbu bubuk dalam tepung maupun kocokan telur.

  5. Hindari memberikan bumbu pada tepung roti yang menjadi bahan balutan terakhir sebelum digoreng. Karena bumbu yang dicampurkan ke dalam tepung roti akan mudah membuatnya cepat gosong.

  6. Untuk daya rekat ekstra, coba tambahkan sedikit tepung maizena ke dalam adonan tepung kering untuk membuatnya melekat lebih baik, sekitar 8 hingga 10 persen tergantung dari berapa banyak tepung yang digunakan. Tepung tapioka atau tepung kentang juga bisa digunakan, tepung beras bisa diganti dengan tepung terigu biasa.

  7. Salah satu masalah paling umum yang sering dihadapi saat membuat melapisi ayam dengan tepung roti adalah lapisan tepung terkelupas saat digoreng. Ada beberapa alasan yang bisa terjadi. Ini karena daging ayam tidak cukup kering. Jika ayam terlalu basah ini akan menyulitkan lapisan pati dari tepung untuk menempel dengan baik. Jadi keringkan ayam secara menyeluruh sebelum melapisinya, gunakan beberapa handuk kertas jika perlu.

  8. Dinginkan sebentar ayam yang sudah dilapis dengan tepung bumbu, kocokan telur dan balutan tepung roti di dalam lemari es selama 15-30 menit sebelum digoreng. Langkah ini cukup penting, karena memungkinkan kelembaban dari ayam dan adonan kocokan diserap oleh tepung.