• Novi Amaliyah

9 Jus Buah Tersehat



Jus buah, minuman satu ini dinikmati di seluruh dunia, beberapa orang berpendapat jus buah sebagai minuman yang kurang sehat karena mengandung gula yang cukup tinggi. Pendapat lain menganggap jus buah memiliki kandungan gizi yang tinggi khususnya yang berasal dari sari buah murni. Berikut 9 jus buah tersehat seperti dilansir dari Healthline yang bisa kamu konsumsi, apa saja? Yuk simak, mungkin beberapa adalah buah favorit kamu.


1. Cranbery

Jus cranberry tinggi akan kandungan kalium, antioksidan, dan vitamin C dan E. Cranberry juga dipercaya dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih (ISK).


2. Tomat

Jus tomat mengandung likopen yang sangat tinggi, dimana bertindak sebagai antioksidan dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, 1 cangkir (250 ml) menyediakan hampir dua kali lipat kebutuhan vitamin C harian. Pilih jus tomat rendah sodium bila memungkinkan.


3. Beet

Jus buah beet kaya akan nitrat dan betalain, dimana keduanya dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Selain itu, kandungan gula buah satu ini jauh lebih rendah daripada jus lainnya.


4. Apel

Jus apel tersedia dalam jenis dan mudah ditemukan di supermarket mulai dari yang bening hingga keruh. Meskipun keduanya mengandung antioksidan, jus keruh menyediakan 2-5 kali lebih banyak. Kebanyakan jus apel diperkaya dengan vitamin C, meningkatkan kandungan antioksidannya.


5. Prune

Jus prune menyediakan sumber yang kaya akan kandungan zat besi, magnesium, kalium, vitamin C, dan vitamin B. Jus Ini biasanya digunakan sebagai obat untuk sembelit karena memiliki efek pelunakan tinja yang terkandung di dalamnya.


6. Delima

Jus delima kaya akan antosianin, yang merupakan antioksidan kuat yang memberi warna merah tua pada buah delima. Jus ini juga tinggi vitamin K yang penting untuk kesehatan jantung dan tulang.


7. Acai Berry

Jus acai kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, asam ferulic, dan asam klorogenat. Diet tinggi senyawa ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis.


8. Jeruk

Jus jeruk secara alami tinggi vitamin C dan antioksidan lainnya. Dalam sebuah penelitian, minum jus jeruk setelah makan makanan tinggi lemak dan kaya karbohidrat mengurangi peradangan.


9. Grapefruit

Jus grapefruit kaya akan antioksidan, seperti naringin dan vitamin C. Namun, grapefruit dan produknya berinteraksi dengan banyak obat. Konsultasikan dengan dokter terlebih dulu jika sedang mengonsumsi obat yang mungkin berinteraksi dengan grapefuit.


Foto: Dok. Getty Images

© 2019 yukmakan channel