• Maria Yuliana Kusrini

9 Kuliner Legendaris di kampoeng Tempo Doeloe

Festival Kuliner tahunan yang diselenggarakan Summarecon Mall Kelapa Gading bernama Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) kembali hadir di tahun 2022. Pameran kuliner yang tiap tahunnya selalu menghadirkan deretan kuliner khas Nusantara ini selalu saja diburu oleh masyarakat, khususnya para penikmat kuliner. Berlangsung antara 9 September hingga 9 Oktober 2022, KTD mengusung tema 'Cerita Rasa Nusantara'.


Sesuai tema yang diangkat itu, festival yang berlangsung di kawasan La Piazza, Summarecon Mall Kelapa Gading ini menghadirkan setidaknya 500 pilihan menu makanan dari 70 tenant terpilih. Dari sekian banyak tenant yang ada, setidaknya ada 9 tenant legendaris yang wajib untuk penikmat kuliner cicipi. Ke-9 tenant itu adalah Kepala Manyung Bu Fat, Nasi Ayam Semarang Bu Lani, Nasi Krawu Bu Tiban, Empal Gentong, Serabi Notosuman Ny. Handayani, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, Pempek Megaria, Ragusa, dan Es Duren Sakinah Bandung.


1. Kepala Manyung Bu Fat

Ingin mencicipi olahan ikan manyung yang diolah dengan bumbu rempah bercitarasa sedap? Kepala Mayung Bu Fat jadi tenant pilihan yang wajib didatangi saat berkunjung ke KTD. Salah satu menu spesial di tenant ini ada Kepala Ikan Manyung yang dimasak mangut dengan menggunakan bumbu rempah. Olahan ikan laut ini pun kepopulerannya memang sudah tak diragukan lagi, karena sudah berdiri sejak tahun 1969. Sedapnya ikan manyung di sini pun diramaikan dengan pilihan menu lain seperti Tumis Daun Pepaya, Tumis Bunga Pepaya, Orek Tempe, Garang Asem, hingga olahan Cumi-cumi.


2. Nasi Ayam Semarang Bu Lani

Bergeser ke olahan khas Semarang, Jawa Tengah yang begitu familiar di lidah. Ada tenant Nasi Ayam Semarang Bu Lani yang turut meramaikan KTD dengan berbagai menu spesialnya. Salah satu hidangan yang wajib dipesan ada Nasi Ayam yang memadukan nasi putih dengan olahan ayam goreng renyah bercitarasa gurih.


3. Nasi Krawu Bu Tiban

Ingin mencicipi sajian khas Kota Gresik, Jawa Timur, maka bisa mengunjungi tenant Nasi Krawu Bu Tiban. Berdiri sejak tahun 1979, Nasi Krawu Bu Tiban menghadirkan nasi putih yang ditemani dengan berbagai pilihan lauk yang disajikan dengan lembaran daun pisang. Pilihan lauk yang bisa ditemukan mulai dari olahan daging sapi, jerohan sapi, telur, olahan ayam, dan lainnya. Penamaan nasi krawu sendiri berasal dari kata 'krawuk', yang artinya mengambil dengan tangan.



4. Empal Gentong Kang Eman

Olahan khas Cirebon, berupa empal gentong dan nasi jamblang pun turut ambil bagian dalam meramaikan KTD. Sajian ini bisa ditemukan di tenant Empal Gentong Kang Eman. Seporsi Empal Gentong menghadirkan potongan daging sapi empuk berkuah santan gurih dipadukan dengan nasi putih. Tak hanya itu saja, Nasi Jamblang juga siap memanjakan lidah para pengunjung KTD.


5. Serabi Notosuman Ny. Handayani

Camilan satu ini pasti sudah tak asing lagi bagi pengunjung setia KTD. Serabi Notosuman Ny. Handayani kembali meramaikan festival dengan sajian serabinya yang wangi dan lembut. Setidaknya ada dua varian rasa yang bisa pengunjung pilih, yakni Serabi Original dan juga Serabi Cokelat. Ingin mencicipi kedua varian itu, bisa jadikan paket mix atau komplit sebagai pilihanmu.


6. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih merupakan salah satu kuliner legendaris yang dimiliki oleh Jakarta. Olahan nasi goreng dipadukan dengan potongan daging kambing ini punya citarasa khas yang begitu familiar di lidah sebagai besar masyarakat. Berdiri sejak tahun 1958, brand nasi goreng ini pun tetap konsisten menghadirkan olahan nasi goreng yang nikmat. Untuk bisa menikmati Nasi Goreng Kambing yang lezat di KTD ini, cukup membayar Rp 60.000,- seporsinya.



7. Pempek Megaria

Pempek Megaria merupakan salah satu kuliner legendaris yang bisa dijumpai di Jakarta. Menempati lokasi di Cikini, Jakarta Pusat, Pempek Megaria pun bisa dijumpai di KTD. Tenant ini menghadirkan olahan pempek yang dipadukan dengan kuah cuko bercitarasa cenderung manis. Varian pempek yang ditawarkan di tenant KTD ini antara lain Kapal Selam, Lenjer, Model, Lenjer Besar, Paket Pempek Kecil, hingga Tekwan. Harga yang dibandrol pun terbilang sangat bersahabat, yakni mulai dari Rp 25.000,- hingga Rp 30.000,- per porsinya.


8. Ragusa

Es krim khas Italia yang berlokasi di kawasan Veteran, Jakarta Pusat juga ikut bergabung di KTD. Ragusa yang namanya sudah pasti sangat legendaris ini pun hadir dengan nama tenant Ragusa Express. Di sini, pengunjung bisa memanjakan diri dengan memesan sekaligus menikmati dingin dan lezatnya olahan es krim Ragusa. Es krim favorit dan unggulan Ragusa pun bisa pengunjung KTD temukan di sini. Mulai dari Tutti Fruti, Spaghetti Ice Cream, Banana Split, hingga Cassata Siciliana. Brand es krim satu ini terbukti terus konsisten dengan menghadirkan olahan es krim sejak tahun 1932.


9. Es Duren Sakinah Bandung

Nah, kalau tenant satu ini wajib dikunjungi oleh penikmat durian. Sesuai dengan namanya, yakni Es Duren Sakinah Bandung, pengunjung KTD akan dimanjakan dengan sajian berbasis buah durian yang wangi dan legit. Ada pilihan Jus Durian, Es Campur Durian, Es Durian Nangka, Es Durian Alpukat, Durian Original, hingga Durian Tanpa Biji. Harga menu durian yang ditawarkan di KTD ini pun terbilang terjangkau, mulai dari Rp 25.000,- hingga Rp 45.000,- per porsinya.