• Novi Amaliyah

9 Macam Kacang Untuk Baking

Dalam baking sering kita jumpai beragam cake maupun roti dengan aneka kacang-kacangan yang dipadukan sebagai bahan baku, bahan tambahan hingga sebagai toping untuk menambah tampilan cake lebih cantik. Masing-masing kacang memiliki karakteristik dan kelebihan masing-masing tergantung dari daerah mana kacang tersebut berasal. Penambahan kacang pada olahan cake atau roti akan menambah karakteristik rasa yang dihasilkan. Beberapa juga memiliki citarasa yang mirip dan bisa digunakan untuk saling menggantikan. Yuk simak, penjelasan 9 kacang yang biasa digunakan dalam pembuatan cake maupun roti dan kreasi pastry.


Walnuts

Merupakan kacang yang populer dan menjadi salah satu komoditi favorit di berbagai belahan dunia dikarenakan rasanya yang kaya, renyah dan gurih. Jika dijadikan campuran dalam cake, kerenyahan walnuts akan tetap bertahan dibandingkan dengan kacang mede atau pecan.


Cashew nuts (kacang mete/mede)

Ternyata kacang satu ini berasal dari Brazil. Kacang yang memiliki bentuk seperti koma ini tumbuh pada ujung daging buah yang wangi dan sangat juicy. Di Indonesia buah ini dikenal dengan jambu mede. Kacang ini juga sering dipakai sebagai bahan pengganti kacang almond.


Pecans

Kacang jenis ini merupakan salah satu jenis kacang yang usianya tidak begitu panjang. Sebaiknya gunakan kacang pecans yang masih segar untuk baking, kacang pecans yang masih segar mempunyai tekstur yang renyah dan juga masih mengandung minyak. Hal ini bisa dirasakan ketika kita gigit.



Almonds

Kacang ini merupakan jenis kacang yang berasal satu keluarga dengan cherry, apricot, dan peach. Almond sering digunakan dalam dunia baking karena memiliki rasa yang gurih dan ketersediaannya yang mendunia. Bahkan untuk berbagai kebutuhan kacang satu ini diolah menjadi berbagai bentuk untuk kebutuhan baking maupun beverages seperti Almond meal (bubuk almond) merupakan hasil ayakan dari kacang almond yang sudah dikupas dan yang ditumbuk atau diproses dengan food processor. Vienna Almond merupakan kacang almond panggang yang sudah dibalut dengan toffee atau caramel. Almond essence adalah esens yang dibuat dari ekstrak almond.


Hazelnut (kacang hazel)

Kacang satu ini memiliki rasa yang gurih sekaligus wangi. Kacang hazelnut termasuk salah satu kacang yang tahan lama meskipun sudah dikeluarkan dari cangkangnya. Tetapi jika sudah basi rasa kacang hazelnut akan berubah menjadi pahit. Hazelnut juga sering dijumpai di toko-toko gourmet sebagai salad oil. Hazelnut meal juga melampaui proses seperti almond meal. Kacang hazelnut biasanya sering digunakan bersamaan dengan coklat baik untuk praline, cake, kue kering, maupun jenis kudapan manis lainnya.


Macadamia

Kacang macadamia berasal dari Queensland, Australia mempunyai cangkang yang sangat keras. Meski begitu kacangnya sendiri mempunyai rasa yang creamy walau tidak terlalu tajam. Dalam dunia masak, macadamia dapat ditukar dengan candlenuts (kemiri), begitu juga sebaliknya.


Pistachio

Kacang satu ini berasal dari negara Timur Tengah dan Asia. Karena usia pistachio tidak lama sebaiknya pilihlah pistachio yang warna kacangnya hijau terang. Kalau sudah terlalu tua atau lama di toko, warnanya akan pudar, dan kacang akan berubah menjadi layu.


Kacang tanah

Dalam dunia baking kacang merupakan salah satu barisan dari legume, kacang tanah menjadi salah satu jenis legume yang paling sering digunakan dalam dunia baking karena rasanya yang gurih. Menurut riset kacang tanah juga banyak mengandung antioksidan.


Brazil nuts

Kacang yang dipanen dari Amazon Basin merupakan salah satu kacang yang kaya dengan selenium. Kacang ini kadang-kadang dipakai sebagai tambahan campuran dalam rich fruit cake.

© 2019 yukmakan channel