• Novi Amaliyah

9 Manfaat Buah Semangka, Bisa Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Kulit


semangka (watermelon)
Semangka, buah manis dan berair satu ini ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan

Semangka diyakini pertama kali didomestikasi lebih dari 4.000 tahun yang lalu di Afrika. Buah berwarna merah dengan cita rasa manis dan berair satu ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk memuaskan dahaga saat musim panas atau kemarau. Buah yang cukup mudah didapat ini dikemas dengan nutrisi yang cukup kaya, termasuk antioksidan dan vitamin A dan C. Tak heran jika buah pelepas dahaga ini juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah 9 manfaat kesehatan utama buah semangka seperti dilansir Healthline.


1. Membantu Tubuh Tetap Terhidrasi

Kandungan air yang tinggi pada semangka dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dan dapat membuat merasa kenyang. Menjaga tubuh tetap terhidrasi pentinga gar tubuh berfungsi dengan baik. Pengaturan suhu tubuh, fungsi organ normal, pengiriman nutrisi ke sel, dan tetap waspada. Mengonsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi dapat membantu tubuh untuk berfungsi dengan baik.




2. Kaya Nutrisi Penting

Semangka memiliki banyak nutrisi, termasuk sejumlah besar vitamin A dan C. Semangka juga menawarkan antioksidan seperti likopen dan cucurbitacin E.


3. Memiliki Efek Anti Kanker

Semangka mengandung senyawa tanaman seperti likopen dan cucurbitacin E yang dipercaya dapat memerangi bentuk kanker tertentu. Lycopene diyakini bekerja dengan menurunkan kadar insulin-like growth factor (IGF), hormon yang mendorong pembelahan sel. Khususnya, kanker terbentuk ketika pembelahan sel menjadi tidak terkendali. Selain itu, cucurbitacin E dapat menghambat pertumbuhan tumor dengan mempromosikan autophagy sel kanker. Autophagy adalah proses di mana tubuh menghilangkan sel-sel yang rusak.


4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan lycopene dan citrulline dalam semangka dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kolesterol.


5. Membantu Mengurangi Peradangan dan Stres Oksidatif Semangka mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan. Seperti diketahui, peradangan menjadi sumber berbagai penyakit kronis.


6.Membantu Mencegah Megenerasi Makula Lycopene dapat membantu mencegah degenerasi makula karena pertambahan usia ini dikarenakan kandungan antioksidan dan anti-inflamasinya di dalamnya. 7. Membantu Meredakan Nyeri Otot Citruline dalam semangka dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga dan mengurangi nyeri otot.


8.Membantu Kesehatan Kulit Semangka mengandung Vitamin A dan C, dimana vitamin ini sangat penting untuk kesehatan kulit dan rambut.


9. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Semangka mengandung banyak air dan sedikit serat, yang keduanya diperlukan untuk pencernaan yang sehat.Kandungan serat dan air dalam semangka dapat membantu kesehatan pencernaan karena dapat membantu untuk buang air besar secara teratur.