• Novi Amaliyah

9 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan Kulit Yang Bisa Kamu Coba


Selain memiliki efek yang menyegarkan, daun mint juga punya segudang manfaat untuk kesehatan
Selain memiliki efek yang menyegarkan, daun mint juga punya segudang manfaat untuk kesehatan

Mint adalah salah satu rasa yang populer untuk es krim, permen serta produk perawatan kulit. Tak hanya populer digunakan dalam olahan makanan, daun mint juga populer sebagai elemen aktif dalam industri perawatan kulit. Biasanya daun mint digunakan sebagai bahan untuk krim, lotion, pembersih, sampo, pelembap bibir, dan bahkan kondisioner. Banyak penelitian yang menjelaskan manfaat kesehatan dari minyak peppermint untuk kecantikan dan manfaat kesehatan dari daun mint. Mint memiliki sensasi dingin pada kulit dan juga memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya untuk kulit. Mint sangat bagus untuk kulit, karena kandungan mentol yang melimpah dan memiliki sifat antibakteri yang kuat. Berikut 9 manfaat kandungan daunt mint untuk kesehatan kulit yang bisa kamu coba.

1. Mencerahkan Kulit Mint memiliki efek menyegarkan dan menenangkan pada kulit. Saat dioleskan pada kulit kandungan mint akan membuat kulit menjadi rileks dan pada saat yang sama bekerja untuk membantu menyamarkan noda dan mencerahkan kulit sekaligus efek menyegarkan setelah perawatan. 2. Mengatasi Jerawat Karena mint kaya akan sifat antibakteri, mint sangat membantu dalam menghilangkan jerawat. Ini mengandung asam salisilat yang sangat berguna untuk melawan jerawat. 3. Mencegah Keriput Coba gunakan masker dengan kandungan daun mint untuk membantu mencegah kulit keriput. Kandungan di dalam daun mint dapat membantun untuk menjaga elastisitas kulit sekaligus membuat kulit bersinar alami setelahnya. Mint dapat memperlambat penuaan karena juga meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan menghidrasinya. Hal ini juga efektif untuk menunda pembentukan kerutan dan garis-garis halus. Selain aplikasi langsung pada kulit, coba juga asupan dari dalam dengan mengonsumsi teh daun mint.


4. Membersihkan Kulit

Mint juga dikenal karena sifat yang membersihkan. Mint dapat dimanfaatkan sebagai pembersih alami untuk kulit. Kandungan di dalam mint dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran dari kulit dan membasmi sel-sel kulit mati. Hasilnya, dapay membuat kulit bercahaya alami.


5. Meringankan dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Daun mint memiliki kandungan asam salisilat. Tak heran, ia mampu membantu memudahkan pergantian sel. Mint membantu mengurangi sel-sel kulit mati yang kendur dan memastikan sel kulit baru tetap sehat. Sehingga dapat membantu mendapatkan kulit yang bersih dan memudarkan bekas jerawat. Kombinasi kuat dari sifat antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi mint efektif untuk melawan jerawat dan mengurangi peradangan dan kemerahan.

6. Mengurangi Lingkaran Hitam Bawah Mata

Ada beberapa faktor lingkaran hitam, namun mint mampu membantu mengurangi dan mencegahnya dengan sifat antioksidannya. Kandungan antioksidan mint dapat merevitalisasi kesehatan kulit. Kulit di bawah mata rapuh dan rentan terhadap kerusakan. Antioksidan akan mampu menjaganya agar tetap bebas dari kerusakan dengan menetralisir radikal bebas.


7. Menghilangkan Komedo

Ketika kotoran dan minyak mengendap di pori-pori akan mengakibatkan penyumbatan pori-pori dan menciptakan komedo. akan menyumbat pori-pori. Mint mampu menjaga pori-pori tetap bersih sekaligus mengencangkan kulit.


8. Meremajakan Kulit

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat? coba gunakan lotion mint topikal yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, oleh karena itu, memastikan bahwa kulit ternutrisi dengan baik.


9. Mengatasi Gatal

Mint kaya akan mentol dan sifat anti-inflamasi. Ini efektif untuk mengurangi gatal dan jenis kejengkelan kulit lainnya. Mint juga kaya akan rosmarinic, asam alami yang efektif dalam mengobati ruam.