• Novi Amaliyah

9 Manfaat Melon Untuk Kesehatan


Melon
Melon, tak hanya manis dan nikmat buah satu ini juga punya banyak manfaat kesehatan

Melon adalah buah yang termasuk dalam spesies melon cucumis melo (muskmelon) yang termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae. Melon dapat dikonsumsi langsung atau disajikan sebagai buah potong untuk hidangan penutup, salad maupun campuran es buah yang menyegarkan. Selain rasa dan aromanya yang nikmat, ternyata melon juga mengandung manfaat kebaikan dari buah. Berikut 10 manfaat melon untuk kesehatan, seperti dilansir dari Healthline.


Kaya Nutrisi

Melon mengandung berbagai macam nutrisi dan senyawa tanaman yang baik untuk kesehatan. Diantaranya mengandung beta-karoten (pro-vitamin A), phytoene, quercetin dan caffeic acid.


Menurunkan Tekanan Darah

Melon dapat membantu mengurangi tekanan darah karena kandungan potasium dan sodiumnya yang rendah.


Mengandung Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Tulang

Madu mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, termasuk folat, vitamin K dan magnesium.


Dapat Meningkatkan Kontrol Gula Darah

Makan buah secara teratur, seperti melon, dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih rendah dan komplikasi kesehatan. Ini kemungkinan karena melon kaya serat dan nutrisi peningkat kesehatan lainnya yang ditemukan dalam buah.


Kaya akan Elektrolit dan Air

Buah melon sebagian besar terdiri dari air tetapi juga mengandung elektrolit yang dapat menghidrasi tubuh lebih efektif daripada hanya air saja.


Menyehatkan Kulit

Melon kaya akan vitamin C, nutrisi yang meningkatkan produksi kolagen dan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.


Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Melon madu mengandung vitamin C tingkat tinggi, nutrisi yang mendukung fungsi kekebalan tubuh yang tepat.


Meningkatkan Sistem Pencernaan

Melon madu mengandung serat, nutrisi yang dikenal untuk mendukung pencernaan yang sehat. Karena kandungan seratnya yang moderat, mungkin lebih baik ditoleransi daripada makanan berserat tinggi oleh orang-orang dengan gangguan pencernaan tertentu atau mereka yang memasukkan serat ke dalam makanan mereka.

Mendukung Penglihatan dan Kesehatan Mata

Melon madu mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang dikenal untuk mendukung kesehatan mata dan penglihatan.