• Novi Amaliyah

93 % Responden Survey Mondelez Menyatakan Ngemil Mampu Memperbaiki Kesehatan Mental


Snacking
Bayak orang meyakini ternyata ngemil dapat memperbaiki kesehatan mental

Survei tahunan Mondelez International The State of Snacking mengungkap fakta betapa pentingnya peran camilan bagi kesehatan mental. Hasil survei The State of Snacking tahun 2001 kerjasama Mondelez International, The Harris Poll dan Next Atlas ini mengungkap bahwa 93% responden mencari camilan untuk meningkatkan kesehatan mental, ini lebih tinggi dibandingkan data global yang tercatat yakni 75%. Kemudian 72% responden juga mengungkapkan motivasi utama mereka dalam memilih camilan adalah sebagai hadiah untuk diri mereka sendiri (self-reward). Bahkan, kegiatan ngemil dianggap sebagai waktu untuk melepaskan diri dari beban mental yang mengelilingi setiap hari, di mana 61% setuju bahwa camilan memang seharusnya ditujukan untuk kebahagiaan atau kepuasan diri.


Survei The State of Snacking sendiri merupakan survei tahunan yang dilakukan oleh Mondelez International yang bertujuan untuk mempelajari kebiasaan konsumen dan menemukan berbagai pemahaman baru tentang peran camilan baik fungsional maupun emosional, pada konsumen di Indonesia dan 11 negara lainnya.


“Survei The State of Snacking ini merupakan bagian dari upaya Mondelēz International dalam memahami kebutuhan konsumen di seluruh dunia, termasuk di Indonesia,” jelas Rizky Maulana Kurniawan selaku Head of Category Plan and Activation Mondelēz Indonesia dalama Virtul Conference The State of Snacking 3.0 & Inisiatif #JAMNGEMIL Selasa, 8 Maret 2022 lalu.


Kampanye Mondelez Indonesia #JAMNGEMIL

Memahami pentingnya peran camilan untuk kesehatan mental sesuai dengan hasil survei The State of Snacking 3.0 tersebut, Khrisma Fitriasari selaku Head of Corporate and Government Affairs Mondelez Indonesia mengajak masyarakat untuk menerapkan #JamNgemil, yaitu meluangkan waktu sejenak di antara kesibukan sehari-hari, untuk menikmati camilan favorit, sehingga momen ini dapat digunakan sebagai cara sederhana dalam menyenangkan dan mengapresiasi diri.


Kampanye #JamNgemil merupakan bentuk lanjutan dari kampanye #NgemilBijak yang telah diluncurkan Mondelez Indonesia pada tahun sebelumnya, yang bertujuan mendorong masyarakat agar bisa meraih manfaat baik camilan bagi tubuh dan juga pikiran. “Momen #JamNgemil sebaiknya diterapkan secara #NgemilBijak (mindful snacking), yakni dengan sepenuhnya fokus akan momen ngemil tersebut, sehingga dapat menyadari kebutuhan tubuh, dan mendapatkan manfaat baik dari camilan untuk membahagiakan diri,” jelas Khrisma.


Mondelez Indonesia selama ini dikenal dengan produk-produknya yang ikonik seperti biskuit Oreo, cokelat Cadbury, dan Keju KRAFT. “Mondelez Indonesia berharap hadirnya survei The State of Snacking, serta inisiatif #JamNgemil ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat agar bisa meraih manfaat tersebut bagi tubuh maupun pikiran, utamanya di masa pandemi yang tak menentu ini,” tambah Rizky.