• Maria Yuliana Kusrini

Archipelago International Rayakan Hari Jadinya yang Ke-25



Grup manajemen hotel swasta terbesar di Asia Tenggara, yakni Archipelago International baru saja merayakan hari jadinya yang ke-25. Telah berdiri sejak tahun 1997 lalu, Archipelago International tetap konsisten untuk memperluas jaringannya ke pasar global namun tetap setia pada akar dan keramahtamahan Asia yang terkenal di dunia. Perayaan hari jadinya ini pun dilangsungkan secara meriah di Aston Priority Simatupang Jakarta.


Archipelago International saat ini dipimpin oleh John Flood sebagai Presiden & CEO-nya. Ia membawa perusahaan lebih jauh ke pengembangan yang lebih luas di seluruh dunia dengan memajukan hotel-hotel dan bekerja sama dengan baik bersama pemilik hotel. Di area Asia Tenggara sendiri ada lebih dari 150 hotel dan ada 200 hotel lainnya sedang dikembangkan di seluruh Asia Tenggara, Karibia, dan Timur Tengah yang terdiri dari 40.000 lebih kunci kamar di 60 tujuan dan lebih dari 15.000 karyawan. Saat ini, Archipelago International memiliki portofolio 11 merek berbeda seperti Aston, Collection by Aston, Alana, Huxley, Kamuela, Harper, Quest, Neo, favehotel, Nordic, dan Powered by Archipelago.


Charles Brookfield sebagai pendiri Archipelago International pun turut hadir di acara itu. Ia bercerita mengenai awal mula bisnisnya dengan bermimpi membuka properti di tepi pantai di Bali dan memiliki hotel bisnis pusat kota di Jakarta. Mimpi itu pun akhirnya terwujud dan ia pun membuat perusahaan manajemennya sendiri yang kini telah berkembang semakin pesat.



“Merayakan 25 tahun pelayanan terbaik kami dan dipercaya oleh para tamu menjadi tonggak penting dalam sejarah perusahaan kami. Saya berterima kasih kepada setiap karyawan, tamu, pemilik hotel, serta franchiser yang telah mendukung dan mempercayai kami. Sekarang fokus kami adalah melihat ke masa depan. Industri penginapan dan perjalanan menawarkan peluang luar biasa dalam jangka panjang dan kami siap untuk 25 tahun ke depan dan seterusnya,” ungkap Charles Brookfield selaku Chairman Archipelago International.


Archipelago International sendiri menjadi operator hotel pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO 9001. Manajemen ini merevolusi e-commerce Indonesia dan secara konsisten memberikan pengembalian investasi dan laba kotor tertinggi di industri ini. Perayaan ulang tahun itu pun diramaikan dengan tarian khas Nusantara yang meriah serta berbagai suguhan kuliner khas Tanah Air yang bervariasi dan lezat.