• Novi Amaliyah

Asal Usul Cokelat Praline


Februari dikenal sebagai bulan yang penuh cinta, dimana setiap pasangan berusaha mengungkapkannya melalui bunga maupun cokelat. Selain cokelat batang, praline jadi cokelat yang banyak dicari untuk dijadikan bingkisan untuk merayakan Valentine’s Day setiap 14 Februari.

Sejak awal masuk ke benua Eropa, cokelat menjadi bahan baku makanan yang dijadikan produk unggulan di berbagai negara. Salah satunya Belgia, negara yang dikenal dengan berbagai olahan cokelat terbaiknya yang eksklusif. Salah satunya adalah cokelat praline. Sejarah cokelat praline bermula dari seorang Duke Plessis Praslin, seorang duta besar yang mengabdi pada Raja Luis XIII. Dimana menjadi orang yang pertama kali mengenalkan istilah praline. Praline paste yang disebut juga praliné berarti pasta kacang bisa dari hazelnut, atau almond dengan gula. Praline paste sudah biasa digunakan di Perancis sejak abad ke-16 untuk aplikasi dalam cake maupun memberi rasa pada mousse, buttercream maupun es krim.

Beliau memiliki ide untuk menciptakan adonan yang berbeda dari yang sudah ada. Saat itu muncullah ide untuk melapisi kacang almond dengan gula. Sejarah cokelat praline berawal dari adalah adanya istilah untuk menyebut adonan kacang yang diisikan pada cokelat, yang kemudian cokelat ini menjadi ciri khas Belgia.



Istilah praline kini mengacu pada produk cokelat kecil beraneka bentuk dengan beragam varian isi di dalamnya. Praline dari Belgia dibuat pertama kali pada tahun 1912 dan delapan tahun kemudian tepatnya pada tahun 1920 diciptakanlah kotak praline dengan menggunakan Ballotin atau box berbentuk persegi panjang. Sebelum menggunakan Ballotin, praline dari Belgia dibungkus dengan menggunakan pembungkus kertas berbentuk kerucut. Praline dari Belgia selain didesain unik dan elegan, cokelat imut ini juga dikemas dengan baik untuk menjaga kualitasnya.

Dari sinilah kemudian cokelat praline menyebar penjuru dunia. Industri cokelat di berbagai negara membuat praline versi mereka sendiri, dengan aneka macam bentuk dan bahan isian. Praline kini menjadi produk cokelat yang dapat dinikmati semua orang. Tidak hanya enak, tetapi juga cantik untuk dijadikan sebagai bingkisan.

© 2019 yukmakan channel