• Novi Amaliyah

Baby Dutch Pancake, Pancake Bertekstur Lembut dan Garing Kekinian Yang Bisa Kamu Coba


Dutch Baby Pancake
Dutch Baby Pancake, pancake kekinian yang bertekstur lembut dan garing

Untuk kamu pecinta kuliner kekinian, baru-baru ini sebuah cafe hadir menawarkan menu unik bernama Baby Dutch Pancake. Pancake unik ini juga dikenal sebagai pancake Jerman, Bismark atau puff Belanda yang merupakan sebuah pancake berukuran besar yang dipanggang dalam oven dan dipotong-potong untuk disajikan. Namun ada juga yang disajikan personal.


Baby Dutch Pancake disiapkan dalam wajan besi cor yang sangat panas kemudian adonan dipanggang di oven yang membentuk bentuk mangkuk bundar yang dapat diisi dengan berbagai topping. Adonan pancake cukup tipis namun sangat lembut dan garing pada bagian pinggirnya serta citarasa yang creamy dan gurih. Biasanya pancake ini menggunakan kayu manis dan vanilla untuk memberikan aroma yang lebih sedap.


Uap yang terperangkap menyebabkan adonan terangkat dan mengembang seperti balon yang kemudian mengempis setelah dikeluarkan dari oven yang panas. Secara tradisional, pancake disajikan dengan kucuran air perasan jeruk lemon yang segar dan gula bubuk. Bisa juga disajikan dengan sirup maple, selai, atau dengan aneka potongan buah segar favorit seperti mixed berries, mangga maupun apel, bisa juga diisi dengan keju, smoked beef, sosis maupun jamur untuk yang lebih suka citarasa asin dan gurih, sesuaikan saja dengan selera. Baby Dutch Pancake bisa dinikmati sebagai menu sarapan dengan pancake dengan cara yang berbeda.


Dilansir dari Wikipedia, menurut majalah Sunset, Baby Dutch Pancake diperkenalkan pada paruh pertama tahun 1900-an di Manca's Cafe, sebuah restoran keluarga yang dimiliki oleh Victor Manca yang terletak di Seattle, Washington. Manca's Cafe mengklaim bahwa mereka memiliki merek dagang untuk Baby Dutch Pancake pada tahun 1942. Penasaran untuk mencoba?