• Maria Yuliana Kusrini

Festival Bakul Jakarta 2022

Kuliner menjadi salah satu sektor bisnis yang paling banyak digeluti dan digemari oleh masyarakat. Tak heran jika kemudian banyak sektor bisnis kuliner bermunculan dari pelaku UMKM di Indonesia, terlebih di masa pandemi lalu. Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Utara membuat wadah khusus untuk membangkitkan kembali UMKM, yaitu Festival Kuliner Nusantara atau juga disebut Barista dan Kuliner (Bakul) Festival Jakarta 2022. Kegiatan ini pun telah terselenggara pada 27-28 Agustus 2022 di Plataran Mall Artha Gading, Jakarta Utara.



Bakul Kuliner Nusantara ini diikuti oleh sekitar 32 peserta dengan 40 tenant yang menyuguhkan jajanan Nusantara. Dimana 70% terdiri dari UMKM binaan atau Jakpreneur Jakarta Utara. Tak dipungkiri jika kuliner Nusantara sangatlah beragam yang di dalamnya tak lepas dari unsur budaya dan penggunaan rempah-rempah khas Indonesia. Hal ini pun sukses membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki keanekaragaman kuliner dengan citarasa yang lezat dan hampir di setiap daerahnya memiliki makanan khasnya masing-masing.



Selain acara bazar makanan, pada Bakul Kuliner Nusantara ini juga ada perlombaan memasak menu Bebek Oblok dan juga Manual Brew Competition. Oblok Bebek khas Betawi sendiri merupakan salah satu makanan khas yang terdiri dari berbagai macam rempah khas indonesia dengan rasa yang lezat. Pemilihan menu ini tentunya salah satu bentuk usaha untuk memperkenalkan makanan khas daerah Jakarta. Setidaknya ada 18 grup Ibu-ibu PKK dari 6 Kecamatan Jakarta yang turut berpartisipasi dalam lomba memasak Bebek Oblok ini. Perlombaan ini pun menjadikan para chef dari Indonesia Chef Association sebagai jurinya.


“Salah satu identitas suatu bangsa atau daerah adalah kulinernya. Hidangan Bebek Oblok ini adalah salah satu masakan khas Jakarta Utara yang sebenarnya enak, tapi belum banyak yang tahu. Diharapkan dengan adanya festival ini, maka semakin banyaklah khalayak yang kenal. Dengan demikian, semakin banyak juga yang menjadikan Bebek Oblok ini sebagai ladang bisnis. Jika perlu, menu ini kita daftarkan di HAKI sebagai masakan kuliner khas daerah,” terang Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim.



Selain bazar dan lomba memasak, kegiatan Manual Brew competition bagi para Barista juga turut memeriahkan acara ini. Di kompetisi ini, para Barista dapat mengadu kebolehannya dalam membuat kopi. Dan untuk dewan juri yang menilainya juga dihadirkan juri yang kompeten di bidangnya. Tak hanya itu saja, juga acara hiburan yang menampilkan beberapa artis Tanah Air, sebut saja Naff, Ghea Indrawari, dan juga Selebriti Chef Devina Hermawan.


“Jadi Bakul Kuliner Nusantara ini tidak hanya ada UMKM. Kami juga melibatkan para profesional yang berkaitan dengan kuliner untuk berkompetisi. Selain itu acara ini juga sebagai ajang para penikmat kuliner untuk mencoba lebih banyak lagi makanan. Bakul Kuliner Nusantara ini juga untuk memperkenalkan kuliner khas Nusantara yang mulai tergerus oleh makanan kekinian atau milenial. Kami harap Bakul Kuliner Nusantara ini dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku UMKM dan masyakat. Dan tentu saja, acara seperti ini akan terus kami upayakan ada demi kemajuan UMKM khususnya di bidang kuliner,” ujar Wiwik Satriani, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Utara.